Senin, 12 Okt 2020 12:18 WIB

Ubahan Nanggung, Innova Facelift Bakal Sulit Goyang Penjualan Xpander di Vietnam

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Innova facelift Toyota Innova facelift. Foto: Otosaigon
Jakarta -

Toyota Innova facelift memberikan ubahan yang tidak signifikan. Bermodal pembaruan di area grille, sistem pencahayaan, dan penambahan fitur, Innova baru disebut belum cukup mampu mengalahkan penjualan Mitsubishi Xpander di Vietnam.

Seperti dikutip dari News Zing, Innova kehilangan tahta penjualan sejak kehadiran Xpander. Tahun 2018 menjadi kali terakhir Innova berjaya, dengan angka penjualan 14.581 unit atau 10 kali lipat dari peringkat kedua Kia Rondo (1.423 unit).

Pada Mei 2019, penjualan Xpander mulai menyalip Innova. Dan pada akhir 2019, Xpander telah terjual lebih dari 20.000 unit atau menguasai 55,11% pangsa pasar. Sementara Innova terjual 12.164 unit atau menguasai 33,36% pasar.

Tim 'Xpedisi Xpander 2.000 Km Jawa' memulai etape pertama dengan rute Jakarta-Semarang. Yuk, lihat perjalanannya.Mitsubishi Xpander Foto: Grandyos Zafna

Bicara penjualan di tahun ini, hingga September 2020, penjualan Xpander dan Innova masing-masing mencapai 9.906 dan 3.338 unit. Tidak hanya kalah dari Xpander, Innova juga mendapatkan tekanan dari mobil 7 penumpang lainnya seperti Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki XL7.

Pakar otomotif Vietnam, Nguyen Son, mengatakan kunci kesuksesan Xpander merajai penjualan MPV karena harga jual yang lebih baik dari Innova. Saat diluncurkan, Xpander dibanderol mulai VND 550-650 juta (Rp 350 juta-Rp 413,8 juta), sedang Innova versi lama dibanderol VND 771-971 juta (Rp 490,9 juta-Rp 618,2 juta).

Di bulan Oktober 2020, Toyota Vietnam mencoba menarik minat calon konsumen Innova facelift, dengan memperkenalkan Innova facelift. Dari segi harga, Innova facelift varian terendah dibanderol dengan harga lebih murah dari Innova lama, yakni VND 750 juta atau setara Rp 475,9 juta.

Toyota Innova faceliftToyota Innova facelift Foto: Otosaigon

Meski semakin murah, Toyota Innova facelift tetap dikritik karena ubahan yang cenderung nanggung. Mobil ini hanya mengalami sedikit ubahan di bagian grille, lampu LED, kamera mundur, sensor parkir, dan layar infotainment 7 inci. Secara umum, desain eksterior dan lay out interiornya masih sama seperti model pendahulunya.

Tapi bagaimanapun, Innova masih memiliki keunggulan tertentu dibandingkan mobil low MPV Mitsubishi maupun Suzuki. Di bagian interior misalkan, Innova punya kabin lebih lega, fitur safety pun lebih lengkap, dan terakhir Toyota punya jaringan dealer yang lebih banyak dan lengkap.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com