Kamis, 01 Okt 2020 19:55 WIB

Daihatsu Ekspor 430 Unit Mazda Bongo ke Jepang

Ridwan Arifin - detikOto
Mazda Bongo, Rebadge Daihatsu Gran Max yang Dijual di Jepang Mazda Bongo produksi pabrik Daihatsu Indonesia Foto: Dok. Mazda
Jakarta -

Mobil buatan Daihatsu Indonesia sudah diterima pasar Jepang. Terbaru, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengekspor Gran Max yang berganti nama menjadi Mazda Bongo ke Jepang.

Daihatsu Gran Max yang diproduksi di Indonesia sudah diekspor ke Jepang sejak 2007. Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra menjadi prestasi produk-produk buatan Indonesia bisa tembus di negeri berjuluk matahari terbit itu.

"Kita tahu Jepang adalah mbahnya kualitas, masuk ke pasar ekspor itu tidak main-main, tidak sembarangan brand bisa sembarangan ekspor ke Jepang secara berkelanjutan, karena sangat strict kualitasnya," kata Amel saat workshop virtual, Kamis (1/10/2020).

"Daihatsu sudah membuktikan mampu mengekspor secara rutin ke Jepang berupa brand Toyota, dan juga yang terbaru Mazda, serta Daihatsu sendiri," sambung dia.

Sementara untuk penerimaan, ratusan Mazda Bongo sudah dibuat pada bulan September lalu.

"Yang pasti untuk September kapasitas produksi kita 430 unit untuk Bongo Mazda, tetapi bulan ke depan mesti kita coba untuk collect datanya," ungkap Amel.

Amel menceritakan produk buatan Indonesia sempat diremehkan sebelum diekspor ke pasar Jepang, banyak dealer yang meragukan kualitas mobil yang diproduksi dari pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter dan Karawang tersebut.

"Kebanggaan ini mencerminkan kemampuan masyarakat Indonesia karena pada waktu awal kita mau mengekspor banyak sekali dealer-dealer Toyota yang meragukan, apakah mungkin mobil-mobil yang diproduksi Indonesia yang mereka kenal sebagai negara dengan kemampuan minim," tutur Amel.

Daihatsu Indonesia akhirnya mengeskpor mobil kendaraan komersial ringan yang mirip dengan Gran Max ke Jepang, di antaranya Toyota Town Ace, Lite Ace, dan Mazda Bongo.

"Kita sudah buktikan sejak 2007 sampai kita eskpor sampai hari ini, dan yang terbaru Juli 2020 bahkan kita memperluas ekspor kita ke Mazda," tambah dia.

Bongo di Jepang merupakan kendaraan niaga atau komersial ringan di Jepang. Mobil buatan Indonesia ini mirip dengan Gran Max yang dijual di Indonesia namun terdapat penyesuaian dari segi fitur sesuai permintaan Jepang. Namun untuk mesin menggunakan basic yang sama dengan Gran Max, yakni 1.5 L.



Simak Video "Melihat Isi Diler Mazda Termewah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com