Gara-gara Airbag Takata, Mazda dan Mitsubishi Tarik 630 Ribu Mobil

Arif Arianto - detikOto
Minggu, 24 Mei 2015 14:31 WIB
Tokyo -

Dua pabrikan mobil asal Jepang, Mazda Motor dan Mitsubishi Motor Corporation menarik 630 ribu unit kendaraan buatannya terkait airbag Takata yang bermasalah. Penarikan itu mereka lakukan selanmg beberapa hari setelah produsen airbag, Takata Corpoartion, mengumumkan bahwa jumlah mobil yang ditarik terkait airbag Takata meningkat dua kali lipat.

Seperti dilaporkan BBC dan Reuters, Minggu (24/5/2015) Mazda menarik 120.000 mobil. Model yang ditarik terdiri dari sedan Atenza, van Bongo, serta dua model lain yang dibuat untuk Nissan dan Mitsubishi. Semuanya berada di Jepang.

Adapun Mitsubishi Motor menarik 512 unit mobil yang 100.000 unit diantaranya berada di Jepang. Sementara 412.000 lainnya berada di beberapa negara. Hanya tak disebutkan model apa saja yang ditarik akibat airbag Takata yang digunakan bermasalah.

Sebelumnya Takata Corpration menyatakan mobil yang ditarik terkait airbag buatannya meningkat dua kali lipat atau menjadi 34 juta. Mobil sebanyak itu merupakan model buatan 11 pabrikan yang menggunakan airbag buatannya dan ditengarai bermasalah.

(arf/arf)