Kamis, 01 Okt 2020 16:30 WIB

Daihatsu Turunkan Produksi karena COVID, 3 Menit Keluar 1 Mobil Baru

Ridwan Arifin - detikOto
Daihatsu memproduksi Toyota Calya dan Sigra di Karawang, tepatnya di Kawasan Industri Surya Cipta, Jl. Surya Pratama Blok I Kav. 50. Yuk kita intip seperti apa pabrik ini. Pabrik Daihatsu di Karawang Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menurunkan produksi mobil sejak pandemi virus Corona melanda. Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga pasar yang cenderung lesu membuat pabrikan otomotif menyesuaikan aktivitas produksinya.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan pihaknya sudah menyesuaikan takt time alias "detak jantung produksi" kecepatan produksi dengan permintaan pasar. Rentang produksi mobil dibuat lebih lama sehingga berdampak pada volume yang menurun drastis.

"Sebelumnya pabrik Daihatsu setiap 1,5 menit mengeluarkan 1 unit mobil. Karena melakukan protokol COVID, (turun) menjadi setengah, 3,1 menit (satu mobil)," ungkap wanita yang akrab disapa Amel dalam workshop yang digelar Astra secara virtual, Kamis (1/10/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan pabrik Daihatsu yang terletak di Sunter dan Karawang saat ini memiliki kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun. Demi mencegah penyebaran Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan, produksi mobil di prabrik Daihatsu berkurang menjadi 347 ribu unit per tahun.

"Dalam kondisi normal, takt time 1,5 itu kapasitas produksi kita 530 ribu, 330 ribu di Sunter, 200 ribu di Karawang," tambah dia.

Tetapi Daihatsu menargetkan jumlah produksi mobil akibat dilanda Covid-19 juga masih di bawah dari utilisasi pabrik hingga akhir tahun 2020.

"Walaupun kapasitas kita 347 ribu tahun ini, (Daihatsu produksi mobil-Red) hanya 283 ribu, atau ADM akan produksi di bawah kapasitas covid, ataupun di bawah kapasitas normal." ujar Amel.

Saat ini Daihatsu memproduksi ragam model seperti Xenia, Avanza, Rush, Terios, Gran Max, Luxio, Calya, Ayla, Agya, Town Ace, Lite Ace, dan Mazda Bongo.

Secara YTD (Year To Date), atau sejak Januari - Agustus, capaian whole sales Daihatsu secara total mencapai 57.978 unit dengan peningkatan market share menjadi 17,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%. Terkait retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 16,9%.

Secara bulanan, whole sales Daihatsu meningkat dari yang sebelumnya sebesar 1.553 unit pada Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus, dengan kenaikan lebih dari 4 kali lipat. Pada bulan yang sama, retail sales di Agustus tercatat sebanyak 6.300 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan Juli lalu sebesar 5.890 unit.

Secara akumulatif, hingga Agustus 2020, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 18.140 unit, berkontribusi sebesar 27,6%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 unit (15,0%).



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com