Kamis, 17 Sep 2020 16:59 WIB

Livina Jadi Mobil Terlaris, Nissan: Untuk Penuhi Kebutuhan Dealer

Rangga Rahadiansyah - detikOto
New Nissan Livina Nissan Livina. (PT Nissan Motor Indonesia)
Jakarta -

Penjualan mobil bulan Agustus 2020 cukup berbeda terutama di daftar mobil terlaris. Kini, Nissan Livina berhasil menjadi mobil paling laris di Indonesia sepanjang Agustus 2020.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menampilkan angka penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang tak biasa. Nissan Livina yang belum pernah menduduki takhta mobil terlaris di Indonesia kini menjadi nomor satu.

Nissan Livina berhasil membawa nama Nissan ke posisi kedua merek mobil terlaris di Indonesia di bawah Toyota. Mobil MPV kembaran Mitsubishi Xpander itu terkirim sebanyak 6.338 unit.

Apa faktornya sehingga Nissan Livina bisa menjadi mobil paling laris?

Untuk diketahui, angka penjualan di atas merupakan angka wholesales yang berarti jumlah mobil yang dikirim ke dealer-dealer. Itu berbeda dengan penjualan secara retail (dari dealer ke konsumen).

"Wholesales itu untuk memenuhi kebutuhan di dealer," kata General Manager Communications Nissan Indonesia, Hana Maharani, kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

New Nissan LivinaNew Nissan Livina Foto: PT Nissan Motor Indonesia

Gaikindo memang tidak merilis data penjualan retail sales per model kendaraan. Sehingga tidak diketahui pasti berapa banyak Nissan Livina yang langsung dibeli konsumen.

Meski begitu, secara retail sales, Nissan menjual 996 unit mobil ke konsumen pada Agustus 2020. Angka itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan wholesales Nissan pada bulang yang sama.

Sebagai gambaran, wholesales atau distribusi mobil Nissan ke dealer pada Agustus 2020 mencapai 6.829 unit. Karenanya, Nissan menduduki posisi kedua merek mobil terlaris di Indonesia pada Agustus 2020 secara wholesales. Posisi Nissan berada langsung di bawah Toyota.



Simak Video "Dinilai Mirip Xpander, Nissan Tak Mau Asal Hadirkan All New Livina"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com