Jumat, 04 Sep 2020 09:42 WIB

Mobil Bertenaga Listrik Tak Cukup, Porsche Mau Kembangkan BBM Sintetis

M Luthfi Andika - detikOto
Porsche mempersembahkan mobil sport listrik pertamanya, Taycan, kepada publik kemarin dengan World premier yang spektakuler yang diadakan secara serentak di tiga benua. Ilustras mobil listrik Porche Taycan (Foto: Porsche)
Jakarta -

Dunia berada di tengah era kebangkitan mobil listrik. Tapi Porsche tak sepenuhnya puas dengan eletrifikasi, yang mendorong mereka mencoba menciptakan BBM Sintetis.

BBM Sintetis yang tengah coba dikembangkan Porsche bakal dinamai e-Fuel. Tapi 'e' dalam konteks ini bukan berarti 'electric'. Itu sebatas julukan untuk menggambarkan kelas bahan bakar bebas karbon.

Kenapa Porsche masih berkecimpung dengan bahan bakar saat banyak pabrikan lain justru fokus besar-besaran dalam pengembangan mobil listrik?

Well, pabrikan asal Jerman itu sepertinya tidak sepenuhnya puas dengan teknologi mobil listrik. Ini juga terkait dengan rencana Porsche untuk terus memproduksi mobil yang masih menggunakan bahan bakar konvensional sebagai sumber tenaga penggerak. Porsche sendiri sempat menyatakan kalau pada tahun 2025 separuh mobil yang mereka produksi akan ditenagai listrik.

"Teknologi kendaraan listrik menarik untuk dibicarakan meski proses berkembangnya kendaraan listrik ini terbilang cukup lama. Meski demikian kami ingin terus berinovasi, untuk itu kami berkomitmen untuk melahirkan bahan bakar sintetis (Synthetic fuel) yang tidak menutup kemungkinan BBM ini bisa juga digunakan untuk mobil sport," ujar Porsche R&D, Michael Steiner dikutip dari Autocar.

Bahan bakar E-Fuel memang sudah dinantikan lama oleh banyak pabrikan otomotif. Bahan bakar jenin ini bakal bisa menggantikan peran minyak tanah, solar, atau bensin. Namun e-fuel lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar energi yang terbarukan.

.

Mobil listrik sporty asal Jerman, Porsche Taycan mulai masuk Asia Tenggara. Porsche Taycan dilunurkan di Singapura beberapa waktu lalu.Mobil listrik sporty asal Jerman, Porsche Taycan mulai masuk Asia Tenggara. Porsche Taycan dilunurkan di Singapura beberapa waktu lalu. Foto: Porsche

Porsche tidak menjelaskan secara spesifk jenis dan type bahan bakar sintetis seperti apa yang coba mereka kembangkan. Juga soal bagaimana proses mendapatkannya, serta target waktu pengaplikasian BBM jenis ini.

Yang jelas, Porsche masih mencari rekanan untuk mengembangkan pabrik serta melakukan beberapa riset. Bukan hanya Porsche yang tengah meneliti bbm E-fuel ini. Namun saudara satu groupnya seperti Volkswagen dan Bentley juga tengah menguji teknologi bahan bakar ini.



Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com