Nah Lho, Porsche Dicurigai Akali Data Emisi Gas Buang

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 25 Agu 2020 20:53 WIB
Logo mobil Porsche
Porsche diduga mengakali data emisi gak buang (detikOto)
Jakarta -

Lembaga pengujian kendaraan Jerman mencium adanya kecurangan yang dilakukan oleh Porsche AG dalam mengakumulasikan data gas buang pada mesin bensin yang digendong salah satu model.

Dikutip autoblog, Germany Motor Vehicle Authority, KBA mencurigai Porsche AG memanipulasi data emisi gas buang pada mesin bensin milik mereka.

Juru bicara KBA menjelaskan saat ini tengah melakukan investigasi pada mesin Porsche AG yang telah dipasarkan di Eropa sebelum tahun 2017.

Berdasarkan beberapa laporan, kini KBA tengah melakukan penyelidikan yang difokuskan pada mesin bensin yang dikembangkan antara tahun 2008 dan 2013. Termasuk pada model Panamera dan 911, di mana perubahan secara ilegal dilakukan pada perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat memengaruhi sistem pembuangan dan komponen mesin.

Untuk diketahui, otoritas Jerman telah menjatuhkan denda pada Porsche sebesar 535 juta Euro (sekitar Rp 9,2 miliar) tahun lalu, setelah terbukti melakukan penyimpangan hasil data tes emisi gas buang pada mesin diesel miliknya. Kini KBA mulai mencurigai Porsche AG juga ikut melakukan hal yang sama.

Sementara itu Reuters memberitakan kalau Volkswagen telah bersedia bekerjasama dengan KBA untuk menyelidikan kasus ini. Juru bicara Porsche juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa mobil yang diduga mengakali data emisi gas buang adalah mobil yang diproduksi sebelum 2017. Sementara mobil-mobil baru tidak terpengaruh.

Porsche juga mengklaim telah melakukan penyelidikan internal untuk mengetahui lebih jelas soal tudingan tersebut.



Simak Video "Pengemudi Porsche Penerobos Busway Ditangkap, Ini Tampangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)