Senin, 31 Agu 2020 09:35 WIB

Aston Martin Rilis DB5 Versi Imut, Harganya Mulai Rp 676 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Aston Martin DB5 versi mungil Aston Martin DB5 Junior Foto: Aston Martin
Jakarta -

Aston Martin bekerja sama dengan The Little Car Company melahirkan mobil mini klasik nan imut. Mobil mungil ini diberi nama Aston Martin DB5 Junior yang ditenagai energi listrik.

The Little Car Company merupakan salah satu produsen mobil mainan yang sebelumnya pernah membuat Bugatti Baby. Nah, untuk Aston Martin DB5 Junior kali ini tidak kalah dibuat spesial.

Mengutip keterangan resminya, Senin (31/8) Aston Martin DB5 Junior dibuat berdasarkan pemindaian tiga dimensi dari Aston Martin DB5 yang digunakan James Bond pada tahun 1963.

Beberapa bagian juga dibuat semirip mungkin, seperti kakaknya, dasbor DB5 Junior diisi dengan instrumen klasik "Smiths" yang telah diperbarui lebih modern. Tapi indikator bahan bakar telah diubah menjadi pengukur baterai, sedangkan suhu oli sekarang memantau suhu motor.

DB5 Junior bahkan menampilkan jam yang sama di depan kursi penumpang seperti yang terlihat pada mobil tahun 1960-an.

Di sisi lain, mainan ini berfokus untuk menjaga nilai-nilai keaslian. Untuk itu, DB5 Junior menggunakan 'wings', dan 'shield' DB5 ikonik Aston Martin yang sama seperti model tahun 1963 yang asli. Tak ketinggalan menggunakan warna Silver Birch yang sudah menjadi ikon dari Aston Martin DB5.

Aston Martin DB5 versi mungilAston Martin versi mungil dibuat sedetail mungkin dengan ukuran asli Foto: Aston Martin DB5 versi mungil

Pada bagian kaki-kaki, terlihat roda berukuran 10 inci yang dilengkapi rem cakram berventilasi. Oiya meskipun ukurannya hanya 3 meter, lebar 1,1 meter, Aston Martin DB5 Junior ini dapat menampung orang dewasa serta seorang anak secara berdampingan. Tak ketinggalan, ada bagasi di bagian belakang untuk penyimpanan.

Uniknya lagi bahkan meniru suspensi mobil aslinya. Ada suspensi double wishbone di bagian depan dengan roll center dan camber gain yang sesuai dengan geometri aslinya.

"Saya sangat senang melihat interpretasi baru yang sangat indah ini, mungkin, model paling ikonik kami bergabung dengan keluarga Aston Martin. Mitra kami, The Little Car Company telah memberikan detail yang sangat cermat untuk benar-benar mereplikasi bentuk menakjubkan dari DB5 asli," tutur Marek Reichman, Executive Vice President dan Chief Creative Officer Aston Martin.

Aston Martin DB5 versi mungilAston Martin DB5 versi mungil Foto: Aston Martin DB5 versi mungil

Sementara itu di balik bonetnya mobil mini ini ditenagai powertrain listrik yang mampu mengirimkan 5 kW (6,7 hp) ke roda belakang untuk versi standar, dan 10 kw (13,4 hp) versi vantage. Sementara baterainya bisa menempuh jarak berkisar 16 sampai 32 km.

Tertarik meminangnya? seperti DB5 asli, versi imutnya ini hanya akan dibuat sebanyak 1.059 unit. Masing-masing dibanderol US$ 46.270 sekitar Rp 676 juta untuk versi standar, sedangkan untuk model tertinggi vantage US$ 59.490 (Rp 870 jutaan). Produksi akan dimulai di Inggris pada tahun 2021.



Simak Video " Aston Martin New Vantage, Harganya di Atas Rp 5 M"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com