Piston Aston Martin DB5 Dijadikan Botol Whisky, Harganya Dekati Rp 1 M

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 07 Agu 2020 16:24 WIB
Aston Martin Bowmore
Black Bowmore DB5 1964 Foto: Aston Martin
Jakarta -

Aston Martin berkolaborasi dengan perusahaan whisky asal British, Bowmore. Keduanya meluncurkan whisky scotch edisi terbatas yang hanya tersedia 25 unit.

Ya, Single Malt Scotch Whisky ini dibalut dengan salah satu komponen jantung pacu Aston Martin DB5. Produk itu punya nama Black Bowmore DB5 1964.

Dalam siaran pers Aston Martin disebutkan bahwa kolaborasi ini bukan tanpa alasan, sebab tahun 1964 punya nilai histori bagi kedua perusahaan itu.

Bagi Aston Martin, ini adalah era mobil paling ikonik. Diluncurkan pada tahun 1963, Aston Martin DB5 sekarang dikenal dengan agen rahasia paling terkenal di dunia pada tahun 1964, pun kapasitas mesin meningkat jadi 4.0 liter.

"Asosiasi dengan Bowmore memberi kami kesempatan sempurna untuk merayakan bagian penting dari sejarah bertabur bintang kami dengan menggabungkan daya tarik tak tertandingi dari ikon DB5 dengan rasa berbudaya dari single malt yang terkenal di dunia ini. " ujar Marek Reichman, Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Creative Officer Aston Martin Lagonda.

Aston Martin BowmoreBlack Bowmore DB5 1964 Foto: Aston Martin

Pertama kali disuling pada tanggal 5 November 1964, selama bertahun-tahun Black Bowmore telah menjadi salah satu wiski malt yang paling langka dan paling dicari yang pernah dibuat. Sejak 1993, hanya sekitar enam ribu botol Black Bowmore yang tersedia.

Sedangkan bagi Bowmore, tahun 1964 jadi tonggak sejarah 240 tahun penyulingan. Saat itu penyulingan memasuki era modern dengan hadirnya batu bara sebagai bahan bakar dalam memanaskan stills.

"1964 mewakili tanggal yang signifikan dalam sejarah modern penyulingan. Bukan hanya momen kunci dalam bagaimana kami menyaring semangat kami, tetapi mungkin bahkan lebih penting karena semangat ini menciptakan Black Bowmore," kata Manajer Distillery di Bowmore, David Turner.

Botol Black Bowmore DB5 sendiri dibuat oleh Glasstorm -- sebuah studio kaca kontemporer yang berbasis di Skotlandia -- dengan berpengalaman desain kaca lebih dari 50 tahun. Pembuatan botolnya membutuhkan waktu hingga 1 pekan. Pada bagian bawah botol terlihat wujud piston Aston Martin DB5.
Sementara kotak Black Bowmore DB5 1964 adalah buatan tangan. Bentuknya terinspirasi rumah penyulingan, warna biru tua, dan emboss gelombang.

Black Bowmore DB5 1964 akan tersedia mulai akhir Musim Gugur 2020 dengan RSP sebesar GBP £50.000 atau sekitar Rp 956 jutaan.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)