Jumat, 28 Agu 2020 09:54 WIB

Setelah Hilux, Muncul Toyota Fortuner Anyar di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Fortuner Legender Fortuner generasi terbaru Foto: Toyota Thailand
Jakarta -

New Hilux 2020 resmi meluncur kemarin, Kamis (27/8). Tapi PT Toyota Astra Motor (TAM) mengkonfirmasi bahwa bakal hadir model lain yang meluncur di tahun ini.

"Hilux ini bukan yang terakhir tahun ini, akan ada lagi launching lain-lainnya, tunggulah undangannya," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi saat konferensi virtual, Kamis (27/8/2020).

Ia meyakinkan produk baru akan tetap meluncur meski di tengah pandemi COVID-19 atau virus corona. Desas-desusnya, Fortuner yang baru meluncur di Thailand pada Juni lalu juga bakal segera merapat ke Indonesia.

Sayangnya, Anton enggan mengkonfirmasi terkait apakah produk baru yang dimaksud ialah Fortuner anyar seperti yang meluncur di Thailand.

"No komen kalau masalah namanya, tapi ini bukan launching yang terakhir," ungkap Anton.

"Hilux itu satu platform dengan fortuner tapi segmen dan marketnya berbeda. Strateginya berbeda, bukan berarti adanya hilux minor change kita akan luncurkan fortuner bersamaan," kata Anton.

Di Thailand, Toyota Fortuner terdiri dari dua varian yakni basis dan legender. Untuk varian Legender, punya kesan lebih kekar lantaran penambahan grill yang memiliki tampang lexus, serta desain baru LED headlight yang terintegrasi dengan lampu DRL.

Sementara dari sektor dapur pacu seperti yang sudah bocor sebelumnya. Fortuner punya dua pilihan mesin 2.4 liter dan 2.8 liter enam percepatan, keduanya memiliki opsi 4WD. Di Thailand tidak ada pilihan transmisi manual.

Untuk mesin 2.4 liter turbo ini disebut lebih bertenaga yakni mampu memuntahkan tenaga sebesar 150 PS (+3 dari sebelumnya) dan torsi 400 Nm. Sedangkan mesin 2.8 liter turbo mengalami peningkatan tenaga dan torsi hingga 204 PS dan 500 Nm, atau naik 27 PS dan 50 Nm dari torsi 177 PS dan 450 Nm yang ditawarkan oleh turbodiesel 2.8 liter saat ini.

Untuk harga, Fortuner versi tertinggi Legender di Thailand tembus Rp 800 juta. Sedangkan varian basic berada di angka Rp 589 juta.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com