Selasa, 25 Agu 2020 12:26 WIB

Toyota Recall 1.633 Unit Innova dan Fortuner, Ini Potensi Masalahnya

Tim detikcom - detikOto
Toyota selama ini memang sudah mengekspor beberapa unit andalan seperti Innova dan Fortuner ke berbagai negara. Negara tujuan ekspor kian bertambah. Toyota Kijang Innova produksi Agustus 2019 direcall terkait komponen pengereman. Foto: TMMIN
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Ada potensi masalah pada bagian pengereman.

Kijang Innova dan Fortuner dengan tahun produksi Agustus 2019 perlu dicek bagian brake vacuum hose. Hal itu untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara.

Dikutip dari laman resmi Toyota-Astra Motor, recall Innova dan Fortuner terkait penggantian vacuum hose melibatkan mobil yang diproduksi 16-28 Agustus 2019. Namun, tidak semua kendaraan dalam rentang tersebut mengalami masalah yang sama, hanya beberapa kendaraan dengan nomor rangka tertentu.

Totalnya, sebanyak 1.633 unit Fortuner dan Innova di Indonesia kena recall. Untuk memastikannya, pemilik Innova atau Fortuner bisa melakukan pengecekan dengan mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Kemudian masukkan 17 digit nomor rangka, untuk mengetahui nomor rangka kendaraan Anda, mudahnya tinggal cek di STNK. Jika sudah memasukkan nomor rangka, akan muncul informasi apakah kendaraan Anda masuk dalam program penggantian brake vacuum hose ini.

Disebutkan, potensi masalahnya adalah pada bagian brake vacuum hose. Sebab, ada potensi malfungsi pada vacuum hose dikarenakan proses vulkanisasi mesin yang kurang tepat serta daya tahan selang yang mungkin tidak cukup.

Jika kendaraan digunakan terus menerus, selang dapat berubah bentuk. Dan dalam kasus terburuk, dukungan kepada sistem pengereman dapat hilang sehingga diperlukan upaya peningkatan penginjakan pedal rem untuk menghentikan kendaraan dan peningkatan toleransi jarak sebelum kendaraan dapat berhenti.

Vacuum hose berfungsi untuk menghubungkan pompa vakum ke brake booster dan mensuplai kevakuman untuk membantu pengereman.

Jika terindikasi ada masalah pada bagian itu, sebagian besar akan ada lampu peringatan (brake caution) di instrument panel akan menyala. Pemilik kendaraan disarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan. Meski begitu, pemilik Innova dan Fortuner yang terdampak kampanye recall ini diminta untuk segera melakukan penggantian vacuum hose.

Penggantian komponen dalam kampanye recall ini membutuhkan waktu 1 jam s/d 1,5 jam tergantung model kendaraannya. Dan yang paling penting, pemilik kendaraan tidak akan dipungut biaya dalam kampanye perbaikan ini.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com