Selasa, 25 Agu 2020 09:11 WIB

Innova dan Fortuner Anda Termasuk yang Di-recall? Cek di Sini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota selama ini memang sudah mengekspor beberapa unit andalan seperti Innova dan Fortuner ke berbagai negara. Negara tujuan ekspor kian bertambah. Toyota Fortuner dan Toyota Innova di-recall karena masalah pada bagian pengereman. Begini cara ceknya. Foto: TMMIN
Jakarta -

PT Toyora-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner di Indonesia. Kedua mobil itu perlu dicek bagian pengeremannya.

Dalam siaran pers Toyota disebutkan, Innova dan Fortuner yang terindikasi mengalami masalah rem adalah mobil dengan tahun produksi Agustus 2019. Bagian brake vacuum hose perlu diperbaiki. Hal itu untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara.

"Kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangan resminya.

Henry mengharapkan para pemilik Kijang Innova dan Fortuner yang dimaksud memberikan atensi besar pada campaign Toyota ini. Sebab, problem yang terjadi pada brake vacuum hose agak sulit untuk dideteksi sendiri dan rem merupakan komponen basic pada kendaraan.

Test drive toyota kijang innova model terbaru di BaliToyota Kijang Innova. Foto: Toyota Astra Motor

Apakah kendaraan milik Anda terdampak? Toyota merekomendasikan para pemilik kendaraan Toyota yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus.

Pemilik Innova maupun Fortuner bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.

Tak cuma itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Kemudian masukkan 17 digit nomor rangka, untuk mengetahui nomor rangka kendaraan Anda, mudahnya tinggal cek di STNK. Jika sudah memasukkan nomor rangka, akan muncul informasi apakah kendaraan Anda masuk dalam program penggantian brake vacuum hose ini.

Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan untuk dilakukan pengecekan dan penggantian brake vacuum hose jika diperlukan.

Selama masa pandemi COVID-19, pemeriksaan kendaraan tetap dapat dilakukan melalui beberapa metode dengan tetap memperhatikan kondisi dan mengikuti protokol yang berlaku di setiap daerahnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan teknisi maupun pelanggan tetap menjadi yang utama.

Selain di bengkel, pemeriksaan dan perbaikan kendaraan untuk kampanye recall ini juga dapat dilakukan melalui layanan Toyota Mobile Service yang dapat datang langsung ke tempat pelanggan. Untuk mendapatkan pelayanan TMS ini, pelanggan disarankan untuk melakukan booking terlebih dahulu untuk mengecek ketersediaan layanan TMS tersebut.

Sementara untuk pelanggan yang ini melakukan proses penggantian di bengkel disarankan melakukan booking service agar bengkel dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan parts yang akan diganti terlebih dahulu. Pengerjaan pengecekan dan penggantian brake vacuum hose ini berlangsung sekitar 2 jam dan tanpa dipungut biaya sama sekali.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com