Sabtu, 15 Agu 2020 13:24 WIB

Biar Selamat, Begini Cara Angkat Telepon Saat Berkendara

Yudistira Imandiar - detikOto
Nyetir Cara aman mengangkat telepon saat berkendara (shutterstock)
Jakarta -

Penggunaan telepon seluler (ponsel) ketika berkendara merupakan perbuatan terlarang. Sebab, tindakan tersebut dapat memicu bahaya bagi diri sendiri dan sesama pengguna jalan lainnya.

Pasal 106 ayat (1) Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ mengamanatkan, "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi". Adapun menggunakan ponsel termasuk aktivitas yang dinilai dapat mengganggu konsentrasi berkendara.

Bagi pengemudi yang masih nekat memainkan ponsel, sesuai Pasal 283 UU LLAJ, dapat dikenai hukuman penjara paling lama tiga bulan dan denda maksimal Rp 750 ribu.

Mengacu pada beleid tersebut, maka setiap pengendara wajib meletakkan ponsel selama di perjalanan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ada panggilan telepon darurat ketika berkendara?

Melansir berbagai sumber, berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat telepon ketika berkendara.

Menepi

Menepikan kendaraan merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menelpon ketika berkendara. Pastikan kamu berhenti di tempat aman--tidak menghalangi kendaraan lain atau di tempat terlarang untuk berhenti--sehingga tidak merugikan pengguna jalan lain. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas di tempat menghentikan kendaraan, pastikan tidak ada rambu dilarang stop.

Hubungkan Ponsel dengan Head Unit

Head unit pada mobil-mobil modern telah memiliki fitur mirroring dengan smartphone atau tersedia konektivitas dengan Android Auto atau Apple Carplay. Dengan fitur tersebut, pengendara dapat menerima panggilan telepon lewat head unit dan berbicara lewat built-in microphone sehingga tidak perlu menggunakan telepon genggamnya. Namun, pengendara harus memastikan tetap menjaga konsentrasi berkendara selama menelepon dan usahakan tidak menelepon dalam waktu lama.

Gunakan Perangkat Hands-Free

Menggunakan peranti hands-free meminimalisir distraksi ketika berkendara yang timbul saat menjawab panggilan telepon. Dengan perangkat hands-free, Anda dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan menekan satu tombol tanpa perlu melihat ke layar ponsel. Namun, lagi-lagi konsentrasi tetap harus dijaga.

Bagi Anda yang membutuhkan perangkat hand-sfree untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi, Samsung Galaxy Buds Live merupakan pilihan yang tepat. Perangkat ini memiliki tiga microphone dan Voice Pickup Unit untuk menghasilkan suara layaknya berada dalam ruangan yang sama dengan orang di seberang panggilan telepon. Earbuds ini memiliki Active Noise Cancellation untuk menghadirkan kualitas suara yang hidup dan luas, dengan kemampuan untuk mengeliminasi atau tetap mendengarkan suara di lingkungan sekitarmu.

Informasi lengkap tentang Samsung Galaxy Buds Live dapat dilihat di sini.



Simak Video "Samsung Rilis Monitor Lengkung dengan Teknologi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com