Kamis, 13 Agu 2020 17:27 WIB

Sekali 'Full Tank', Mobil Hidrogen Ini Bisa Jalan 1.600 KM

Doni Wahyudi - detikOto
Hyperion XP-1 Hyperion XP-1 mampu melaju lebih dari 1.600 km dengan sekali pengisian bahan bakar hidrogen (hyperion.inc)
Jakarta -

Sebuah perusahaan asal California, Amerika Serikat mengembangkan mobil bertenaga hidrogen. Sekali isi 'full tank', kendaraan ini mampu melesat sejauh 1.600 km lebih.

Perkenalkan Hyperion XP-1. Diklaim oleh perusahaan pembuatnya, kendaraan ini bisa melaju 1.000 mil (sekitar 1.609 km) dalam posisi tenaga terisi penuh. Keunggulannya bukan sekadar jarak tempuh, Hyperion XP-1 juga mampu memuntahkan 1.000 HP dan bisa melesat dari 0-96,5 km/jam hanya dalam dua detik.

Rahasia besar kemampuan mobil yang masuk kategori supercar ini ada pada bahan bakarnya. Hyperion XP-1 ditenagai hidrogen.

XP-1 punya jarak tempuh lebih jauh dibanding kendaraan yang ditenagai baterai listrik karena hidrogen terkompresi yang berada di dalamnya menghasilkan tenaga lebih besar per liter dibanding baterai. Hal lainnya, hidrogen jauh lebih ringan dibanding bateri, yang membuat beban kendaraan jadi jauh berkurang.

Hyperion XP-1Hyperion XP-1 Foto: hyperion.inc

Hyperion XP-1 punya tampilan sangat agresif. Selayaknya sebuah super car, Hyperion XP-1 dibuat dengan mengedepankan aerodinamis, di mana pada saat bersamaan memadukan dengan teknologi tinggi yang ramah lingkungan.

Bodywork Hyperion XP-1 dibangun dengan titanium komposit yang diperkuat. Untuk pintu, mobil ini menggunakan v-wing. Selain itu dipakai juga kanopi berbahan kaca - yang diyakini bisa dibuat gelap secara elektronik demi menjaga privasi pengemudi.

Keunggulan lain supercar ini adalah penggunaan diffuser kevlar composite dan pencahayaan dengan LED.

Pada kedua bagian sisi mobil terdapat bilah semacam sirip yang memanjang dari bawah pintu ke bagian belakang. Bilah ini punya fungsi ganda: membantu mobil melakukan cornering dalam kecepatan tinggi dan menjadi panel tenaga surya.

Untuk menunjang performa, Hyperion XP-1 dilengkapi rim berukuran 20 dan 21 inch, di mana digunakan ban Pirelli P Zero. Untuk pengereman dipakai piringan carbon ceramic berukuran 18 inch di depan dan 17 inch di belakang.

Teknologi tinggi juga diaplikasikan di interior mobil. Tidak ada detil soal fasilitas yang diberikan untuk menunjang kenyamanan, yang jelas ada display sebesar 98 inch yang mengadopsi teknologi gesture control.

Karena tidak memakai baterai berat seperti yang dipakai mobil listrik dan juga ditunjang dengan body carbon titanium monocoque, bobot mobil ini jadi sangat ringan. Hanya 1.032 kg saja.

Harga? Saat ini Hyperion (perusahaan pembuat XP-1) belum mengeluarkan harga untuk produk andalannya itu. Namun mereka menjanjikan kendaraan ini akan mulai diproduksi untuk umum pada 2022.



Simak Video "Wanita Brasil Ini Jualan Tanaman Pakai VW Kodok"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com