BMW Lepas 1.034 Mobil Dalam 7 Bulan, Jualan Online Sumbang 20%

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 12 Agu 2020 19:10 WIB
Logo BMW
Bagaimana performa penjualan BMW di tahun ini? (Rachman Haryanto/detikOto)
Jakarta -

Penjualan mobil di Indonesia memang mengalami penurunan dibanding dengan tahun sebelumnya. Pabrikan mobil premium sekelas BMW pun mengalami hal yang sama.

Vice President Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto, mengatakan penjualan mobil BMW Januari-Juli 2020 mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunanya hingga 25% dibanding tahun sebelumnya.

"Tentunya ada penurunan dibanding tahun lalu, kurang lebih sekitar 20-25% year to date 2019 ke year to date 2020," kata Bayu dalam diskusi virtual, Rabu (12/8/2020).

Sejak Januari sampai Juli 2020, BMW telah melepas 1.034 unit mobil baru di pasar otomotif Indonesia. Bayu mengklaim, dalam periode itu, BMW telah menjadi merek mobil premium teratas di Indonesia.

"Kami memiliki prestasi yang membanggakan, Januari-Juli kami menjadi premium brand Indonesia nomor 1. Year to date Juli, kami menjual 1.034 unit, ini prestasi luar biasa yang sudah ditorehkan oleh semua dealer di Indonesia," ujar Bayu.

Mobil terlaris BMW masih dipegang oleh BMW X1 dan Seri 3. Bahkan, Bayu menyebut BMW Seri 7 telah menjadi pemimpin pasar di segmennya.

"Untuk 7-Series, sesuai dengan data Gaikindo per bulan ini, 7-series menduduki ranking pertama untuk kendaraan sekelasnya, 7-series memegang pangsa pasar 63% di kelasnya," ujar Bayu. Dia menambahkan, sedan mewah BMW Seri 7 itu terjual sebanyak 54 unit sampai Juli 2020.

Sementara itu, penjualan mobil BMW saat pandemi juga dibantu oleh penjualan secara online. Bayu mengatakan, sekitar 20% penjualan selama tujuh bulan ini berasal dari platform online.

"Mungkin ada 200 unit lebih yang terjual dari online. Itu membuat kami sangat percaya diri karena di awal-awal program ini berjalan, targetnya tidak setinggi ini," katanya.

Tak Perlu Datang, Kunjungi Dealer Mobil Bisa Lewat HP

Di masa pandemi COVID-19, konsumen kini tak perlu lagi datang ke dealer mobil. Cukup pegang ponsel masing-masing, Anda bisa berkunjung ke dealer mobil dan berdiskusi dengan konsultan penjual di dealer tersebut.

BMW Virtual ShowroomBMW Virtual Showroom Foto: Dok. BMW Indonesia

"Tidak perlu lagi menunggu pameran, tapi dengan mengakses www.mybmwdealer.co.id, mereka bisa melihat langsung mobil BMW," kata Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Dari situs itu, konsumen atau penggemar mobil BMW bisa mengunjungi showroom BMW pilihannya, berkonsultasi dengan business consultant dan service advisor BMW, serta merasakan duduk di dalam mobil BMW dengan 360o Model Tour.

"Bisa mengunjungi masing-masing dealer di Jakrta, saat ini kita fokus di Jakarta karena memang hampir 80% penjualan kita di Jakarta," sebut Irhan Farhan, Regional Head Digital Channel BMW Group Indonesia.

Di dalam situs yang bisa dibuka melalui ponsel tersebut, calon konsumen BMW bisa mengetahui profil dan detail dari business consultant, dan bisa langsung menghubunginya melalui Whatsapp atau telepon. Selain itu, pelanggan juga bisa melihat profil dan detail dari service advisor dan bisa langsung menghhubunginya.

Yang unik adalahh pengalaman mengunjungi showroom BMW secara virtual. Di kanal 360o Tour, Anda bisa mengunjungi dealer BMW yang ada di Indonesia dan melihat mobil-mobil yang dipajang. Bahkan, secara virtual Anda bisa masuk ke interior mobil BMW yang dipasarkan. Cukup menggerakkan ponsel, maka layar akan bergerak hingga 360o menyajikan tampilan showroom atau interior mobil.



Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)