Selasa, 11 Agu 2020 17:43 WIB

Dealer Toyota Ini Terlantar, 'Mobil Baru' Dibiarkan Mangkrak 46 Tahun

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Jadul Terbengkalai 46 Tahun di Dealer Mobil Jadul Terbengkalai 46 Tahun di Dealer. Foto: Istimewa.
Famagusta -

Mobil new old stock (NOS) atau mobil jadul dalam kondisi baru menjadi incaran banyak kolektor. Bagi para pemburu mobil NOS, dealer Toyota ini mungkin menjadi surganya.

Sebuah dealer Toyota di Siprus dibiarkan terbengkalai selama puluhan tahun. Di dalamnya terdapat banyak mobil jadul yang mangkrak sejak 1974. Dealer itu terletak di Varosha, Famagusta, sebuah kawasan yang ditinggalkan oleh penduduknya selama puluhan tahun.

Sudah 46 tahun dealer Toyota itu dibiarkan terlantar di kota tersebut. Armada mobil New Old Stock Toyota masih terparkir di dalam dealer itu. Di dalamnya terdapat mobil-mobil seperti Corolla hingga Celica tahun 1970-an.

Dalam foto-foto yang diunggah akun Facebook Showa Racing, tampak mobil-mobil di dealer itu terbengkalai. Debu tebal menutupi bodi mobil. Ban mobil juga kempis karena dibiarkan begitu saja.

Mobil-mobil yang terbengkalai itu diimpor dari Jepang untuk dijual di dealer Toyota di sana. Bahkan, salah satu mobilnya masih ditempeli stiker importasi mobil.

Sebagai informasi, Varosha adalah bagian selatan kota Famagusta, Siprus, yang terbengkalai. Sebelum 1974, itu adalah kawasan wisata modern. Namun, penduduknya melarikan diri selama invasi Turki ke Siprus pada 1974 ketika kota Famagusta berada di bawah kendali Turki.

Sejak saat itu, kawasan ini tetap ditinggalkan. Hingga kini, kawasan tersebut tidak berpenghuni. Bangunan-bangunan telah usang dan jalanan ditumbuhi tumbuhan liar. Dalam beberapa kasus isinya telah dijarah. Namun, mobil-mobil klasik di dealer Toyota ini masih utuh meski kondisinya sudah berdebu tebal.

Kawasan Varosha umumnya digambarkan sebagai kota hantu. Publik tak bisa sembarangan masuk ke sana.



Simak Video "Pameran Otomotif Klasik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com