Kamis, 06 Agu 2020 19:38 WIB

Toyota Corolla Cross Bukan Sedan yang Dibikin SUV

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 Juta Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Toyota Corolla Cross akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. SUV tersebut melakoni debut global di Thailand dan hari ini, Kamis (6/8/2020) resmi diluncurkan di Indonesia.

Banyak yang menyangka bahwa Toyota Corolla Cross adalah mobil SUV yang dikembangkan dari sedan. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, membantah hal tersebut.

"Ini bukan sedan yang dijadikan SUV. Platform engine sama, tapi mobil ini benar-benar didesain SUV. Namanya memang Corolla, tapi mobil ini didesain dari awal sebagai mobil SUV," kata Anton dalam diskusi virtual usai peluncuran Corolla Cross, Kamis (6/8/2020).

Di Indonesia, nama Corolla memang terkenal sebagai mobil sedan sejak dulu. Namun, mobil-mobil yang menggunakan nama Corolla sebenarnya tak cuma sedan, ada Corolla hatchback, wagon, dan yang baru diluncurkan Corolla Cross dalam bentuk SUV.

"Kenapa nama corolla digunakan, Toyota ini kan nama modelnya di dunia banyak skali. Untuk model-model di segmen yang sama ke depannya akan diperkuat, salah satunya Corolla. Corolla akan jadi brand yang kuat. Tidak hanya sedan, wagon dan lain-lain akan menggunakan nama Corolla. Jadi nama corolla akan digunakan untuk beberapa model. Seperti Yaris, sudah jadi nama global digunakan di berbagai region," jelas Anton.

Toyota Corolla Cross dijual dengan dua varian. Keduanya memiliki transmisi CVT. Adapun kedua varian Corolla Cross yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline (bensin) dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Spesifikasinya, All New Corolla Cross berbahan bakar gasoline menggunakan mesin 1.8L 2ZR-FE yang memiliki tenaga maksimal hingga 140 PS/6.400 rpm dan torsi maksimal 171,6 Nm/4.000 rpm.

Sedangkan Corolla Cross versi hybrid menggendong mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm. Mesin itu digabungkan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.

Di Indonesia, Corolla Cross dijual dengan harga mulai dari Rp 457.800.000 untuk versi bensin, dan Rp 497.800.000 untuk Corolla Cross Hybrid. Ini menjadi mobil hybrid termurah.



Simak Video "Toyota Corolla Cross, SUV Hybrid di Bawah Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com