Rabu, 22 Jul 2020 12:49 WIB

Cara Cek Xpander-Livina Kamu Kena Recall atau Tidak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mitsubishi Xpander ditest di Padang Mitsubishi Xpander. Foto: Mitsubishi
Jakarta -

Mitsubishi dan Nissan beberapa waktu lalu mengumumkan kampanye recall terhadap mobil kembarnya, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Keduanya mengalami masalah pada perangkat fuel pump atau pompa bahan bakar yang harus diganti.

Pemilik Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina diharapkan segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Adapun mobil yang terkena dampak adalah Xpander produksi tahun 2017 sampai 2019, totalnya sebanyak 139.111 unit dan All New Nissan Livina yang diproduksi antara 22 Februari 2019 sampai 24 Agustus 2019 sebanyak 9.314 unit.

Kampanye recall Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina sudah diumumkan sejak Juni 2020 lalu. Tapi mungkin masih ada yang ragu apakah mobil Anda terkena dampak recall atau tidak. Begini cara mengeceknya.

Untuk pemilik Mitsubishi Xpander, Anda bisa mengunjungi laman https://www.mitsubishi-motors.co.id/ kemudian scroll ke bawah sampai menemukan Kampanye Perbaikan. Klik Cek Kendaraan Anda.

Atau, Anda juga bisa langsung mengakses link https://apps.mitsubishi-motors.co.id/kampanye-perbaikan/.

Selanjutnya, masukkan nomor rangka kendaraan Anda. Untuk mengecek nomor rangka, bisa melihat pada STNK. Atau, bisa juga melihat nomor rangka di mobil langsung.

Lokasi nomor rangka kendaraan berada di posisi yang berbeda. Misalnya ada pada sasis/rangka bagian belakang kanan, di bawah kap mesin/di dalam ruang mesin, atau di bawah kursi pengemudi maupun penumpang.

Untuk mengetahui recall Nissan Livina, Anda bisa mengeceknya di situs resmi https://www.nissan.co.id/. Sorot kolom Owners dan pilih recall, Anda akan dialihkan ke link https://www.nissan.co.id/recall.html.

Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan LivinaNissan Livina. Foto: Dok. Nissan

Selanjutnya, masukkan 17 digit nomor rangka kendaraan Anda. Pastikan jangan menyertakan spasi atau karakter seperti garis bawah, tanda hubung, tanda bintang dan lain-lain. Cara mengetahui nomor rangka juga sama, yakni tinggal melihat STNK kendaraan, cek bagian No. Rangka/NIK/VIN.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan tim Mitshubishi, ditemukan Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Permasalahan pada Nissan Livina yang harus di-recall sama seperti Mitsubishi Xpander. Sudu dengan material resin di dalam pompa bensin dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berputar, hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau mesin berhenti.



Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com