Selasa, 21 Jul 2020 09:10 WIB

Masalah Fuel Pump, Suzuki Baleno Di-recall

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta, 20 Desember 2019 – Hari ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Baleno,
yang merupakan Baleno generasi ke-6, di Aluca, SCBD, Jakarta. Hatchback andalan Suzuki ini tampil
semakin premium dengan desain eksterior dan interior yang modern. New Baleno hadir sebagai The
Complete Hatchback yang dapat melengkapi gaya hidup urban dan keluarga muda yang dinamis. Suzuki Baleno di-recall karena masalah fuel pump. Foto: Suzuki
Jakarta -

Masalah fuel pump atau pompa bahan bakar pada beberapa mobil, terutama mobil Jepang, juga dialami Suzuki. Di India, hatchback Suzuki Baleno dan WagonR harus ditarik kembali (recall) karena masalah fuel pump.

Diberitakan Financial Express, pemilik mobil Suzuki WagonR dan Baleno akan dihubungi oleh dealer resmi untuk penggantian part fuel pump. Sebanyak 134.885 unit mobil Suzuki di India terpengaruh kampanye recall tersebut.

Secara spesifik, Suzuki WagonR yang diproduksi antara 15 November 2018 sampai 15 Oktober 2019 harus di-recall. Sementara Suzuki Baleno yang diproduksi 8 Januari 2019 sampai 4 November 2019 juga terpengaruh.

Suzuki akan memeriksa 56.663 unit Wagon R dan 78.222 unit Baleno. Masalahnya karena fuel pump yang harus diganti secara gratis.

Kemungkinan Suzuki Baleno di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Soalnya, Suzuki Baleno di Indonesia masih diimpor dari India.

Kampanye recall juga dilakukan oleh Toyota. Toyota yang di India menjual kembaran Suzuki Baleno dalam bentuk Toyota Glanza harus me-recall mobil tersebut.

Masalah fuel pump mempengaruhi 6.500 unit Toyota Glanza yang diproduksi antara 2 April 2019 sampai 6 Oktober 2019. Dealer lokal akan menghubungi pemilik kendaraan yang diduga bermasalah, dan fuel pump akan diganti tanpa biaya.

Masalah fuel pump juga dialami mobil-mobil Mitsubishi, Nissan, dan Honda di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Mitsubishi mengumumkan kampanye recall terhadap Xpander untuk penggantian fuel pump yang bermasalah. Mitsubishi Xpander yang terdampak produksi tahun 2017 sampai 2019, totalnya sebanyak 139.111 unit.

Nissan juga me-recall All New Nissan Livina yang diproduksi antara 22 Februari 2019 sampai 24 Agustus 2019. Jumlah mobil yang terdampak sebanyak 9.314 unit. Masalahnya sama, yakni pada fuel pump.

Terakhir, baru-baru ini PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan sebanyak 85.025 unit mobil yang sudah beredar di Indonesia masuk program kampanye recall. Nyaris semua model mobil Honda terkena dampak, model yang terindentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com