India Akan Buat Sedan Listrik Pesaing Tesla

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 20 Jul 2020 17:50 WIB
Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1
Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1. Foto: Motoroids
Jakarta -

India bakal terjun ke segmen mobil ramah lingkungan. Perusahaan start-up bernama Pravaig, yang berbasis di Bengaluru, akan membuat sedan listrik untuk menyaingi perusahaan Tesla Inc. besutan Elon Musk.

Tidak dipungkiri, revolusi kendaraan listrik dimulai oleh Tesla Inc., yang konsisten melahirkan produk mobil listrik bertenaga full baterai. Di sisi lain, banyak produsen mobil di dunia yang lebih memilih mengembangkan mobil hybrid lebih dulu, sebelum membuat mobil listrik full baterai.

Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1 Foto: Motoroids

Langkah Tesla pun diikuti banyak pabrikan seperti General Motors, Ford, Volkswagen, BMW, dan masih banyak lainnya. Di India, Pravaig mengembangkan sedan listrik Extinction MK1, dengan desain yang mewah.

Pihak Pravaig memang belum merilis Extinction MK1 secara resmi, tapi prototipe mobil ini kabarnya sedang diuji coba di jalanan Bengaluru. Pravaig juga sudah mempublikasikan desain dari sedan listrik mewah ini.

Dari pengamatan sekilas, Pravaig Extinction MK1 mengadopsi fasia depan rendah dan dibekali lampu proyektor. Ada tambahan strip lampu LED untuk menghubungkan kedua lampu depan. Dari bagian samping, mobil mendapatkan desain atap seperti mobil coupe.

Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1Sedan listrik India, Pravaig Extinction MK1 Foto: Motoroids

Sedan listrik MK1 diharapkan mendapatkan teknologi baterai berkapasitas 30-40 kWh, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 150 PS dan torsi puncak 300 Nm. Sementara untuk jarak tempuh, sedan listrik ini diharapkan dapat melaju sejauh 300 km sampai baterainya diisi ulang kembali.

Secara keseluruhan, desain Pravaig Extinction MK1 cukup keren dan sesuai dengan tren mobil listrik saat ini. Tapi muncul keraguan, apakah mobil ini nantinya akan sukses di pasar India? Sebab Pravaig Extinction MK1 menggunakan konfigurasi dua pintu yang tidak lazim.

Tonton video 'Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga':

(lua/lth)