Kamis, 16 Jul 2020 20:30 WIB

Speksifikasi BMW X3 dan X4 M Competition: Punya Mesin Lebih Gahar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M Competition BMW X3 M Competition dan X4 M Competition. (Dok. BMW Group Indonesia)
Jakarta -

BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Keduanya hadir dengan mesin baru yang lebih gahar.

Dengan mengusung emblem M, BMW X3 M Competition dan X4 M Competition memiliki tenaga yang cukup besar. Menurut Product Planning BMW Group Indonesia, Anindyanto Dwikumoro, emblem BMW M adalah tentang performa maksimal dari mobil itu.

"Mobil ini menggunakan generasi mesin BMW M 6 silinder baru dengan kode S58, ini adalah successor dari mesin berkode S55. Mesin S58 ini menghasilkan tenaga sebesar 510 HP dan torsi maksimal 600 Nm," jelas Anindyanto saat peluncuran secara virtual, Kamis (16/7/2020).

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition sama-sama menggendong mesin berkapasitas 2.993 cc. Mesin dengan teknologi M TwinPower Turbo, dua turbocharger mono-scroll, itu dikawinkan dengan transmisi Steptronic M delapan percepatan dengan Drivelogic.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga hingga 510 daya kuda naik sekitar 30 daya kuda dari pendahulunya. Torsi maksimalnya bisa mencapai 600 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 4,1 detik. Kecepatan maksimalnya mencapai 250 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M CompetitionBMW X3 M Competition (kanan) dan X4 M Competition (kiri) Foto: Dok. BMW Group Indonesia

Mesin ini menonjolkan karakter BMW M high-revving. Jika digeber, BMW X3 M Competition dan X4 M Competition akan menghasilkan suara yang merdu khas mobil sport.

Bicara soal mobil sporty, sudah ditonjolkan kedua mobil ini melalui desain eksteriornya. Desain eksterior khas BMW M mengoptimalkan suplai udara pendingin dan tingkat aerodinamika untuk BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition memiliki aksen eksklusif dalam bentuk High-gloss Black untuk kidney grille khas BMW, tutup spion, gills BMW M, dan spoiler belakang di X4. Perlengkapan standar juga mencakup pelek ringan BMW M 21 inci V-spoke style 765 M serta sistem knalpot BMW M Sport.

BMW X3 M dan BMW X4 M dilengkapi dengan lampu depan LED Adaptif dengan distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

BMW Luncurkan X3 M Competition dan X4 M CompetitionInterior BMW X4 M Competition Foto: Dok. BMW Group Indonesia

Aura sporty juga mengalir di bagian interior. Di dalam terapat jok sports yang dapat disetel secara elektrik, pelapis leather Vernasca, kokpit khusus BMW M, BMW M leather steering wheel, dan gearshift BMW M. Jok BMW M Sport dengan pelapis leather Merino, sill pintu model-spesifik, dan papan nama model di konsol tengah turut membawa aura sporty.

Jok BMW M Sport pada BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition dapat dipilih dalam varian Black atau varian dua warna, yaitu Sakhir Orange/Black dan Adelaide Grey/Sakhir Orange. Semua model dilengkapi dengan bantalan lutut di sisi konsol tengah sebagai standar. Pelapis leather Merino dalam skema warna baru Midrand Beige/Black dengan aplikasi Alcantara tersedia secara eksklusif untuk model BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition.

Kedua model hadir sebagai standar dengan sandaran punggung bagian belakang pisah-lipat 40: 20: 40, sehingga memungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter di BMW X3 M dan 1.430 liter di BMW X4 M.

Suasana interior sporty dan mewah pada BMW X3 M dan BMW X4 M Competition dapat ditingkatkan dengan berbagai tambahan opsional. Di antara opsi lain yang menawarkan tingkat kenyamanan adalah atap kaca panoramic. Penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambien standar, yang menawarkan enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

BMW X3 M Competition dijual dengan harga Rp 2.189.000.000 off the road. Dan BMW X4 M Competition dijual Rp 2.229.000.000 off the road.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com