Selasa, 16 Jun 2020 10:59 WIB

Selamat Jalan Mobil Listrik BMW

Rizki Pratama - detikOto
BMW i8 terakhir yang keluar dari jalur produksi BMW i8 terakhir yang diproduksi. Foto: motor1
Jakarta -

Setelah memberikan sinyal, BMW akhirnya menutup lini produksi mobil listrik BMW i8. Mobil sport berjenis plug-in hybrid ini harusnya berakhir di bulan April, namun karena pandemi virus Corona produksi terakhir baru rampung bulan ini.

BMW i8 terakhir yang keluar dari jalur produksi berkelir biru atau disebut Portimao Blue. Dikatakan warna ini juga menjadi satu-satunya warna BMW i8 yang pernah diproduksi.

BMW i8 tercatat telah diproduksi sebanyak 20.500 unit sejak pertama kali masuk jalur produksi pada tahun 2009. Dalam jangka waktu itu juga dilakukan beberapa penyegaran untuk meningkatkan pesonanya pada konsumen.

Jika dibandingkan dengan mobil listrik harian seperti Nissan Leaf atau Toyota Prius, capaian penjaualn BMW i8 memang tak seberapa mengingat penempatan segmen dan harga yanng lebih tinggi. Akan tetapi BMW i8 tetap dikenang sebagai salah satu inisiator mobil listrik garapan BMW di era elektrifikasi ini.

Tidak hanya itu, BMW i8 juga menjadi wadah para ahli pembuat dan pengembang mobil BMW menampilkan kehebatannya. Semua inovasi dan teknologi mutakhir disematkan pada BMW i8 sebelum diwariskan ke model-model lainnya.

Sampai saat ini BMW belum memutuskan penerus dari BMW i8. Walaupun begitu tentu tidak sulit bagi BMW mengingat kapasitas untuk itu sudah tersedia.

Di Indonesia melalui APM resminya BMW i8 ditawarkan dalam model Roadster. Mobil ini terbilang baru mengaspal di Indonesia, tepatnya dimeriahkan dalam pameran GIIAS 2018.

Untuk meminang mobil sport hybrid ini diperlukan mahar seberas Rp 3,9 miliar. Mobil ini mampu hasilkan output maksimal 374 hp. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,6 detik. Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik pada 250 km/jam. Konsumsi bahan bakar gabungan, sebagaimana yang dihitung dalam siklus pengujian Uni Eropa untuk kendaraan plug-in hybrid, adalah 47.6 km/l, ditambah 14.5 kWh energi listrik per 100 km. Sedangkan, emisi CO2 bensin adalah 46 gram/km.

Sekolah Online


Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com