Kamis, 02 Jul 2020 12:16 WIB

Habis Bulan Depan, Segini Pajak Alphard Via Vallen yang Dibakar Orang

Tim detikcom - detikOto
Via Vallen Via Vallen bersama mobil Toyota Alphard-nya. Foto: Dok. Instagram/viavallen
Jakarta -

Via Vallen baru saja mengalami musibah. Mobil Toyota Alphard miliknya dibakar orang. Via Vallen mengaku membeli mobil itu secara cash. Sayangnya, mobil tidak di-cover asuransi karena masa berlaku polisnya habis.

Di akun instagramnya, Via Vallen curhat soal mobil Toyota Alphard yang dibakar orang. Menurutnya, dulu ketika job off air sedang padat, ia jarang di rumah dan sering melakukan perjalanan. Akhirnya, uang terkumpul untuk membeli Toyota Alphard secara cash dan mengasuransikannya selama 2 tahun.

"Asuransi berakhir bulan Mei kemarin dan belum sempet dilakukan perpanjaang asuransi udh keduluan di bakar orang disaat pandemi kaya gini, dimana saya sendiri udh hampir 3 bulan ga kerja ( tidak ada pemasukan seperti biasa ) krn memang kondisinya blm normal Saya tauuu, apa yg sy miliki semuanya hanyalah titipan Cuma skrg kondisi mobil seperti ini, malah bingung mau di apain," kata Via Vallen di instagramnya.

Jika dilihat dari situs Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, mobil yang dimiliki Via Vallen adalah Toyota Alphard tipe 2.5G dengan tahun pembuatan 2018. Masa berlaku pajak mobil Via Vallen habis pada bulan depan, tepatnya 3 Agustus 2020.

Saban tahun, Via Vallen harus membayar pajak belasan juta rupiah untuk sebuah Toyota Alphard ini. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dasarnya saja mencapai Rp 12 jutaan. Ditambah progresif sebesar Rp 4 jutaan dan SWDKLLJ sebesar Rp 143.000.

Total pajak tahunan yang harus dibayarkan Via Vallen untuk Toyota Alphard miliknya mencapai Rp 16.561.900.

Pada 2018 lalu, Toyota Alphard 2.5G harganya mencapai Rp 1.079.600.000 untuk on the road Jakarta. Luar Jabodetabek kemungkinan berbeda sedikit karena menyesuaikan pajak daerahnya. Kini, harga Toyota Alphard 2.5G terbaru produksi 2020 harganya tembus Rp 1.179.600.000.

Kalau dilihat dari harga bekasnya, harga pasaran Toyota Alphard 2.5G tahun 2018 seperti yang dimiliki Via Vallen saat ini mencapai Rp 800 sampai 900 jutaan. Di situs jual beli mobil bekas, Toyota Alphard 2.5G 2018 dijual dengan harga Rp 800 jutaan.



Simak Video "Imbas Teror Mobil Dibakar, Via Vallen Pilih Pindah Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com