Selasa, 30 Jun 2020 18:33 WIB

Beli Mobil Listrik di Negara Ini Dapat Subsidi Rp 80 Juta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lexus UX 300e, Mobil Listrik Pertama Lexus Mobil listrik didorong untuk digunakan oleh banyak negara di dunia. Negara malah memberi subsidi warganya yang mau beli mobil listrik (Dok. Lexus)
Wina -

Mobil listrik menjadi salah satu jawab akan kebutuhan kendaraan yang ramah lingkungan. Kini, mobil listrik bukan menjadi hal baru lagi. Sudah banyak mobil listrik yang mengaspal di Bumi.

Beberapa negara di dunia mendukung masyarakatnya beralih ke penggunaan mobil listrik. Sebab, mobil listrik dipercaya tidak mencemari lingkungan seperti mobil konvensional yang masih ada sistem pembakaran untuk menggerakkannya.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah agar warganya beralih ke penggunaan mobil listrik adalah memberikan subsidi. Hal itu berlaku di Austria.

Diberitakan Reuters, Austria akan meningkatkan insentif fiskal untuk warganya yang ingin membeli mobil atau motor bertenaga listrik. Subsidi yang diberikan mulai Juli itu disalurkan dalam upaya memerangi pemanasan global.

Mulai besok, Rabu (1/7/2020), pembeli mobil listrik di sana mendapat subsidi hingga 5.000 euro atau sekitar Rp 80 jutaan. Subsidi itu naik dari sebelumnya yang hanya 3.000 euro. Sementara motor listrik disediakan subsidi sebesar 1.200 euro dengan 700 euro di antaranya disediakan oleh negara dan sisanya oleh distributor.

Menurut menteri ekonomi Austria, peningkatan subsidi itu merupakan upaya bersama antara pemerintah dan industri otomotif. Disebutkan, industri otomotif memberikan kontribusi subsidi tambahan senilai 2.000 euro.

Menteri juga mengumumkan diskon pengisian baterai mobil listrik sebesar 600 euro untuk home charging dan 1.800 euro untuk stasiun pengisian baterai mobil listrik di gedung hunian.

Di negara itu, saat ini sudah ada 5.500 titik stasiun pengisian listrik. Austria bertekad untuk meningkatkan jumlahnya secepat mungkin.

Sementara itu, penjualan mobil listrik di Austria tercatat hampir 33.000 unit sampai Mei. Mobil listrik baru menyumbang 0,7% dari total penjualan mobil.



Simak Video "Kreatifitas Membuat Mobil Listrik, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com