Jumat, 05 Jun 2020 10:14 WIB

Suzuki Mau Luncurkan Mobil Murah yang Cocok Buat New Normal di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Logo Suzuki Suzuki bakal meluncurkan mobil baru lagi di tahun 2020 Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Mobil baru di masa pandemi Corona diprediksi masih dibutuhkan masyarakat. Suzuki bakal meluncurkan mobil yang cocok digunakan saat new normal di tahun 2020, khususnya bagi kelas yang sensitif dengan harga tetapi tidak melepas perhatian pada protokol kesehatan.

Hal ini diungkapkan Head of 4W Brand Development & Marketing Research, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel meski dihantam pandemi, rencana peluncuran mobil baru Suzuki di Indonesia tidak berubah. Salah satunya mobil murah yang coba jadi solusi di masa new normal.

"Melalui FGD (Forum Group Discussions) yang kita lakukan secara internal kita menemukan ceruk yang berhubungan dengan kekuatan ekonomi masyarakat yang mungkin bisa kita olah, maksudnya kita sedang dalam studi kekuatan ekonomi masyarakat (masa new normal), dan kita bisa isi kendaraan seperti apa," kata Harold saat diskusi virtual yang diadakan Forum Wartawan Otomotif, Kamis (4/6/2020).

Dari segi produk, Harold sedikit menjelaskan bahwa mobil barunya nanti bakal lebih bersaing dengan harga, mengincar segmen yang berada di low-end.

"Kita harus menyediakan produk yang berpihak kepada pasar yaitu market-market yang secara ekonomi mungkin lebih sensitif, yang kedua mereka sensitif dengan isu kesehatan istilahnya mereka harus membawa kendaraan sendiri alias tidak mau naik angkot atau kendaraan umum," ungkap Harold.

Tetapi ia belum menjelaskan soal model mobil yang ditawarkan. Saat disinggung apakah berkaitan dengan program Low Cost Green Car (LCGC), pihaknya masih mendiskusikan lebih lanjut.

"Kita masih dalam tahap diskusi belum menentukan basis produksinya seperti apa, apakah di Indonesia atau non Indonesia."

"LCGC masih dipertahankan atau tidak, (masih) mendapatkan insentif atau tidak, itu memang kita masih koordinasi dengan pemerintahan. Masuk ke syarat prasyarat LCGC sebenarnya mencukupi, karena dari segi test bahan bakar, lalu juga uji emisi, efisiensi bahan bakar, kalau kita uji coba secara global sih masih oke," jelas Harold.



Simak Video "Sporty! Ini Tampilan Suzuki New Baleno Dengan 6 Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com