Rabu, 27 Mei 2020 15:07 WIB

Mobil Jadul Ini Terinspirasi dari Pesawat

M Luthfi Andika - detikOto
Chevrolet Corvette Tasco 1948 Chevrolet Corvette TASCO Foto: Pool (Autoblog)
Jakarta -

Bicara mobil klasik alias jadul memang tidak ada habisnya. Diawali dari harga yang semakin lawas semakin mahal hingga desain unik selalu menarik untuk dibicarakan. Kali ini produsen Amerika Serikat General Motors yang memperlihatkan kejayaan mereka di masa lampau yang selalu melahirkan mobil terbaik.

Salah satunya Chevrolet Corvette TASCO kelahiran 1948, pasti banyak yang tidak mengetahui bahwa mobil ini memang sengaja dilahirkan menggunakan desain seperti pesawat terbang. Mobil yang disapa Vette ini merupakan mobil generasi ketiga Corvette dan menjadi mobil pertama yang memiliki atap T-top, seperti dikutip autoblog.

Mobil ini didesain langsung oleh insinyur Gordon Buehrig pendiri The American Sports Car Company (TASCO) yang juga mendesain pesawat Auburn 851 Speedster, the coffin-nosed Cord 810/812, serta pesawat Duesenberg Model J. Shortly yang diperkenalkan setelah perang dunia kedua.

Desain yang disajikan terbilang unik, dengan memiliki dua kursi desain muka panjang dan memiliki dek pendek layaknya pesawat. Hal ini wajar karena Gordon memang menyuntikkan DNA pesawat pada mobil ini.

Chevrolet Corvette Tasco 1948Chevrolet Corvette Tasco 1948 Foto: Pool (Autoblog)

Desain ventilasi di kedua sisi kisi-kisi vertikal mengarahkan udara ke radiator dan roda depan hampir sepenuhnya tertutup oleh fender yang terbuat dari fiberglass yang dicetak. Bagian belakang TASCO yang meruncing juga mengingatkan pada sebuah pesawat kecil, tetapi fitur paling cerdiknya adalah atap transparan yang dapat dihilangkan untuk membiarkan angin masuk. Ini belum pernah terjadi pada tahun 1948.

Duduk di kursi pengemudi pasti terasa seperti tengah berada dalam pesawat Cessna, karena TASCO menampilkan dashboard tinggi dan tegak dengan sekitar selusin pengukur dan serangkaian tuas. Prototipe ini mengusung bodi dengan aluminium yang dibangun oleh Derham Body Company yang berbasis di Philadelphia dipasang pada kerangka Merkurius 1947 yang dimodifikasi secara ekstensif dan daya berasal dari fl8-V8.

Bagaimana detikers, keren tidak desain mobil klasik bergaya pesawat yang satu ini?



Simak Video "Chevrolet Pamit dari Indonesia, Bagaimana Nasib Penggunanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com