Selasa, 26 Mei 2020 08:15 WIB

Siasat Lelang Mobil di Tengah Pandemi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lelang mobil di pool IBID-Balai Lelang Serasi Jl. Ciputat Raya No. 100 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Lelang mobil IBID. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Tak ingin menimbulkan kerumunan orang selama pandemi virus Corona (COVID-19), lelang mobil bekas pun kini mengandalkan online. Lelang mobil secara online kini menjadi hal biasa.

"Kalau kita di IBID, karena memang sejak isu-isu pandemi, sebelum PSBB malah minggu kedua Maret, kita udah lakukan 100% online. Karena kalau kita lakukan offline akan mengundang orang banyak. Jadi secara aturan waktu itu, walaupun PSBB belum strict, kita mulai lakukan itu. Karyawan juga WHH, operasional juga sudah online, orang udah tidak boleh datang, semua itu mulai via aplikasi lah," kata Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid), Daddy Doxa Manurung.

Menurut Doxa, peserta lelang yang berniat untuk ikut 'ngebid' mobil bekas bisa melihat kondisi mobilnya secara online. Doxa tidak menganjurkan peserta lelang melihat langsung kondisi mobil yang dilelang.

"Kebetulan buyer saya sudah terbiasa dengan sistem inspeksi digital, jadi mereka udah ngerti yang bagus gimana. Sebagian besar pembeli kita kan pembeli tetap, cuma memang shifting orang dari yang biasa offline ke online itu memang nggak mudah awalnya," ujarnya.

Saat ini, lelang mobil di IBID 100% hanya lewat online. Jadi, mau tak mau peserta lelang hanya mengandalkan online. Dan itu dinilai positif.

"Bagi kita kan memang ke depan dunia ini akan berubah ke dunia diital. Jadi dengan momen PSBB ini kita langsung memaksimalkan online kita. Dan 100% online sekarang," katanya.

Untuk peserta lelang, jika ingin mengikuti lelang mobil bekas via online, bisa mendaftarkan diri lewat aplikasi. Kemudian upload data diri seperti KTP dan NPWP.

"Kemudian mereka beli nomor peserta lelang, nomor lot untuk dia bisa ngebid, itu buat deposit lah. Dia beli, ketika beli nomor peserta lelangnya pun di aplikasi secara online. Nanti secara otomatis di aplikasi di account-nya dia udah aktif nomor peserta lelangnya. Tinggal dia ikutin aja, lot-nya kan setiap detik akan muncul, sampai ada yang ngebid lebih tinggi lagi, sampai hitungan ketiga tidak ada yang ngebid berarti yang terakhir yang menang," jelas Doxa.



Simak Video "Sederetan Mobil Mewah Koruptor Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com