Selasa, 19 Mei 2020 07:45 WIB

Masih Ada yang Nekat, Polisi Amankan Puluhan Travel Gelap di Bekasi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Petugas mengarahkan penumpang kendaraan roda empat untuk melakukan pembatasan sosial atau physical distancing di titik pemeriksaan di Gerbang tol Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Petugas gabungan memperketat akses keluar masuk kendaraan yang akan melewati gerbang tol pada hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Karawang. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc. Penyekatan pemudik. Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

Di saat larangan mudik, masih banyak masyarakat yang nekat melanggar peraturan larangan mudik. Seminggu menjelang Lebaran, beberapa orang masih nekat memanfaatkan travel gelap untuk pulang kampung.

Polres Metro Bekasi mengamankan puluhan travel gelap yang nekat mengangkut penumpang mudik di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Puluhan travel gelap diamankan di jalan arteri perbatasan Bekasi-Karawang.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kabupaten, AKBP Rachmat Sumekar mengatakan, puluhan travel tersebut diamankan pada Minggu 17 Mei 2020 kemarin sejak pukul 12.00 hingga 19.00 WIB. Mereka diamankan di jalan arteri perbatasan Bekasi-Karawang.

"Kami menangkap 40 travel gelap. Kebanyakan pelat hitam," kata Rachmat dikutip NTMC Polri.

Rachmat menambahkan, dari 40 travel gelap itu, total ada 300 penumpang yang ikut diamankan. Pemudik itu melakukan perjalanan dengan tujuan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Kata dia, ratusan pemudik tersebut mendapat informasi travel dari rekannya. Per penumpang ditarik tarif Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu.

Menurutnya, pengendara travel gelap ditilang. Sebab, travel gelap itu beroperasi tanpa trayek.

Rachmat menjelaskan, para pemudik tersebut nekat pulang ke kampung lantaran sudah tak memiliki pekerjaan. Mereka juga ada yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).



Simak Video "Tepergok Naik Travel Gelap, 10 Pemudik Dibawa Kembali ke Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com