Hyundai dan Grab Sediakan Mobil Listrik untuk Transportasi Tenaga Medis

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 30 Apr 2020 08:33 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang menjajal mobil listrik Hyundai IONIQ. Yuk, intip foto-fotonya.
Hyundai Ioniq Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bersama Armada Khusus Transportasi Grab, coba memanjakan seluruh tenaga medis selama pandemi virus Corona dengan menyediakan Hyundai Ioniq untuk mobilitas.

Dalam keterangan resmi yang diterima detik.com, sebagai kelanjutan dukungan untuk tenaga kesehatan dalam melawan pandemi COVID-19, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali memberikan bantuan dengan bersama Armada Khusus Transportasi Grab menyediakan Hyundai IONIQ Electric pada tiga rumah sakit rujukan COVID-19.

"Pada saat seperti ini, para tenaga kesehatan yang memiliki peran penting dalam mengatasi pandemi Corona. Tenaga kesehatan memerlukan berbagai dukungan, termasuk dalam mobilitas. Kami berharap IONIQ Electric melalui kerja sama dengan Armada Khusus Transportasi Grab dalam menyediakan transportasi yang aman bagi tenaga kesehatan, dapat meringankan salah satu kebutuhan dasar serta meningkatkan mobilisasi mereka di tengah upaya mereka dalam merawat para pasien," ujar Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), SungJong Ha dalam siaran resminya.

Hyundai IONIQ Electric ini dikatakan bakal menemani tenaga medis hingga 373 KM dengan kapasitas baterai penuh, akan digunakan sebagai moda transportasi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Saroso), Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP Persahabatan) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatoto Soebroto).

Hyundai Ioniq untuk para petugas kesehatan di masa pandemi virus Corona.Hyundai Ioniq untuk para petugas kesehatan di masa pandemi virus Corona. Foto: dok. Hyundai

Hyundai mengatakan memahami bahwa tenaga kesehatan menjalankan peran penting dalam keadaan sulit saat ini. Inisiatif ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mempermudah mobilitas tenaga kesehatan, serta menjadi solusi terhadap penurunan kapasitas dan ketersediaan transportasi umum yang terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hyundai juga menjelaskan untuk rute perjalanannya tenaga kesehatan dari dan ke RSPI Sulianti Saroso serta RSUP Persahabatan bisa diantar dan dijemput dari berbagai titik penjemputan di daerah Jadetabek. Sementara tenaga kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, bisa diantar dan dijemput dari The Media Hotel and Towers yang telah dialokasikan sebagai tempat istirahat para tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19.

"Grab Indonesia memiliki komitmen yang sama dengan Hyundai, yaitu memberikan dukungan bagi para tenaga kesehatan dalam melawan COVID-19 sehingga mereka dapat melanjutkan mobilitas mereka di masa-masa yang sulit seperti saat ini. Kami berkomitmen dalam menyediakan fitur-fitur pada Armada Khusus Transportasi Grab, dimana pengemudi kami dilengkapi dengan APD, seperti pembersih tangan dan disinfektan untuk perjalanan bersama penumpang umum, serta setelan hazmat untuk perjalanan dengan tenaga kesehatan," ujar Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

Neneng menambahkan partisi plastik juga diaplikasikan sebagai pemisah antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah transmisi COVID-19. Selain itu setiap Minggu pengemudi juga menerima pelatihan terkait prosedur sanitasi, dan penyediaan ulang perlengkapan alat sanitasi dan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan desinfektan.



Simak Video "Rasakan SUV Rasa MPV Racikan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)