Sabtu, 25 Apr 2020 05:07 WIB

Suzuki Perpanjang Puasa Produksi, Gaji Karyawan Aman

M Luthfi Andika - detikOto
Ngintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari Jepang Pabrik Suzuki di Indonesia Foto: detik.com
Jakarta -

Suzuki Indonesia mengumumkan akan memperpanjang libur produksi mulai 27 April-8 Mei 2020.

Suzuki sebelumnya sudah melakukan penghentian produksi karena pandemi virus corona selama dua pekan, pada 13-24 April 2020. Dengan beberapa wilayah saat ini menerapkan PSBB, Suzuki akhirnya memutuskan untuk memperpanjang periode puasa produksi itu.

Dalam rilis yang diterima detik.com, keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan keselamatan karyawan dan perkembangan regulasi terkini mengenai pandemi COVID-19.

"Ini adalah langkah terbaik yang harus kami ambil demi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Di samping itu, kebijakan ini adalah komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang menambah periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Oleh karenanya, kami akan memperpanjang penghentian sementara produksi di pabrik-pabrik Suzuki," kata President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama.

Namun, Suzuki Indonesia memastikan untuk tetap memenuhi permintaan pasar ekspor. Bagian power train di pabrik Cakung dan Cikarang serta bagian motorcycle assembly di pabrik Tambun I tetap beroperasi hanya selama empat hari pada tanggal 27-30 April 2020.

Ngintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari JepangNgintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari Jepang Foto: Ruly Kurniawan

Suzuki menjamin seluruh kegiatan operasional tersebut dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing.

Selama perpanjangan periode penghentian sementara tersebut, Suzuki mengatakan tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan, yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Meski libur produksi semakin panjang, Suzuki mengatakan akan tetap fokus pada kualitas layanan pelanggan.

"Selama perpanjangan periode penghentian sementara tersebut, Suzuki tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku," Itayama menambahkan.

Untuk mengakses Halo Suzuki, pelanggan bisa menghubungi nomor 0800-1100-800 dan meminta bantuan seperti Home Serive, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA).



Simak Video "Sporty! Ini Tampilan Suzuki New Baleno Dengan 6 Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com