Kamis, 16 Apr 2020 06:06 WIB

Tahukah Kamu? Mercy Satu-satunya Merek Mobil dari Nama Wanita

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mercedes-Benz E Class di Indonesia Mercedes-Benz. Foto: Dina Rayanti
Stuttgart -

Sekitar 120 tahun lalu, nama seorang anak perempuan diangkat menjadi nama mobil. Kini, merek mobil asal Jerman itu terus bertransformasi hingga menjadi brand yang sangat disegani di dunia.

Pada 2 April 1900, Daimler-Motoren-Gesellschaft memilih nama Mercedes untuk mobilnya. Nama itu diambil dari nama anak perempuan Emil Jellinek, pengusaha Austria yang tinggal di Nice yang menjual mobil Daimler.

Jellinek mendaftarkan nama itu untuk acara balap di Nice. Kendaraan pertama yang disebut Mercedes 35 PS pada 1901 menimbulkan sensasi. Bukan hanya karena teknologi yang canggih pada masanya, tapi juga karena desainnya yang sangat elegan.

Mobil yang juga dikenal dengan nama Mercedes 35 HP itu dianggap sebagai prototipe mobil modern. Setelah mengikuti pekan balapan, Paul Meyan, Sekretaris Jenderal Klub Otomotif Perancis bilang, "Kita telah memasuki era Mercedes."

Sejak saat itu, tulisan 'Mercedes' selalu menghiasi bagian depan mobil penumpang Daimler. Nama itu kemudian terdaftar sebagai merek dagang pada 23 Juni 1902 dan dilindungi secara hukum pada 26 September 1902.

Nama Mercedes kemudian ditambahkan Benz di belakangnya setelah Daimler bergabung dengan Benz pada Juni 1926.

Hingga kini, Mercedes-Benz adalah satu-satunya merek otomotif yang menyandang nama wanita.

"Wanita seperti Mercédès Jellinek atau Bertha Benz membentuk kisah sukses Mercedes-Benz sejak awal," kata Bettina Fetzer, kepala Pemasaran Mercedes-Benz AG. "Dengan inisiatif She's Mercedes kami, yang didirikan pada 2015, kami membangun tradisi ini untuk banyak pelanggan wanita kami di seluruh dunia. Masa depan Mercedes-Benz akan menggabungkan kesinambungan dan kemewahan dengan cara yang menarik."



Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com