Jumat, 03 Apr 2020 07:07 WIB

Grab Siapkan Armada untuk Petugas Medis Indonesia, Mobilnya Dipartisi Plastik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Siapkan Armada untuk Tenaga Medis, Mobil Grab Diberi Partisi Plastik Mobil diberi partisi plastik untuk menghindari penularan COVID-19 (Dok. Grab Indonesia)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus corona (COVID-19), tenaga medis sangat berperan penting. Untuk menuju atau dari rumah sakit, tenaga medis memerlukan transportasi.

Salah satu perusahaan taksi online dan ojek online, Grab, menyiapkan armada khusus untuk tenaga medis. Armada mobil taksi online itu sedikit dimodifikasi.

"Kami telah bersiap siaga untuk menyebarkan armada khusus bagi garda terdepan masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang memiliki profesi yang tetap berkinerja di masa-masa kritis, seperti tenaga medis, media, militer, dsb. Armada Grab tersebut akan dikhususkan untuk mendukung mobilitas para tenaga medis yang berjuang melawan pandemi virus COVID-19," kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam siaran persnya.

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta bermitra dengan Rumah Sakit rujukan COVID-19, fitur GrabNow akan dialokasikan bagi tenaga medis yang memerlukan mobilitas. Stasiun desinfektan akan dipersiapkan di rumah sakit terpilih untuk memastikan sterilisasi kendaraan sebelum memasuki area kritis.

Mobil Grab diberi partisi plastik. Mobil Grab diberi partisi plastik. Foto: Dok. Grab Indonesia

Grab telah menyiagakan 1.000 mobil GrabCar dan 1.000 GrabBike di seluruh Indonesiagar tenaga medis Indonesia bisa tetap bisa menjalankan tugas mulianya tanpa perlu memusingkan sarana mobilisasi sehari-hari.

Untuk melayani tenaga kesehatan, kesiapan armada diperhatikan dari segi pencegahan transmisi virus COVID-19. Di dalam mobil terdapat partisi plastik yang memisahkan penumpang dan pengemudi.

Mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike juga dilengkapi dengan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan. Grab juga telah mempersiapkan goggles, masker dan pelindung sepatu apabila situasi penyebaran virus semakin memburuk.

"Armada khusus ini akan diuji coba ke beberapa Rumah Sakit rujukan di Jakarta. Grab Indonesia siap membantu ekspansi armada khusus ini ke puluhan RS rujukan (dan Rumah Sakit Umum lainnya) untuk mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19," tulis Grab dalam siaran persnya.



Simak Video "Polisi Masih Tunggu Laporan T Yang Nyaris 'Diculik' Taksi Online"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com