Kamis, 19 Mar 2020 15:19 WIB

Apa Saja yang Baru dari Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion?

Rizki Pratama - detikOto
Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru Berbagai perubahan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion di tahun 2020 Foto: Pool (youtube/Daihatsu)
Jakarta -

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja meluncurkan model terbaru dari Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion. Apa saja yang baru pada dua tipe mobil ini?

Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion terbaru diluncurkan pada Kamis (19/3/2020) hari ini. Berbeda dari kebiasaan, peluncuran ini dilakukan secara online, demi menghindari potensi penyebaran virus corona jika mengundang publik dan media.

Kendati peluncuran tidak digelar secara terbuka, berbagai fitur baru yang sudah disematkan tak akan berkurang detikers. Dengan tampilan barunya, kini Daihatsu Sirion dijual dengan harga mulai dari Rp 200.100.000 sedangkan Daihatsu Ayla mulai dari Rp 101.650.000.

Pertama mari lihat bagaimana Daihatsu Ayla bersolek untuk pasar Indonesia di tahun 2020. Seklias saja terlihat kalau LCGC ini terdapat banyak perubahan wajah.

Di bagian depan susunan grill diperbarui bersama dengan lampu utamanya. Bagian depan dipermanis dengan rancangan bumper dan grill garnish baru. Sementara itu di bagian belakang ada pula penambahan garnish di lampu yang sudah dibuat clear. Tampilan baru pun dilengkapi pula dengan velg baru.

Di dalam kabin kesan sporty juga dipertegas dengan pilihan warnanya. Di tengah dashboard dapat ditemui konsol pengendali berbagai fitur melalui floating type center cluster design.

Ayla terbaru ini merupakan pengembangan dari Ayla Tubro yang pernah dipamerkan di GIIAS 2018. Setelah menerima masukan dan dikembangkan jadilah Ayla produksi masal ini dengan grill besar di depan untuk memberikan aura sporty.

"Point penting dari Ayla Turbo adalah big grill dikombinasi dengan piano black garnish kemudian kita tambahkan beberapa item yang lain supaya tampilan menjadi lebih sporty," kata Head of Styling Design Dept PT ADM, Mark Widjaja.

Sementara untuk fiturnya, mobil LCGC ini sudah menggunakan kamera parkir belakang dan kontrol AC digital. Pada fitur keamanan ada pula tambahan ABS dan EBD.

Selanjutnya, Daihatsu Sirion mengalami penambahan beberapa ornamen sporty di bagian depan, samping dan belakang. Ada front aero kit di depan, rear blackout di belakang, dan side stone guard di samping yang dapat terlihat langsung dari luar.

Di dalam kabin sistem hiburan menggunakan layar sentuh 7 inci. Sistem hiburan ini juga dilengkapi dengan fitur mirror link.

Penambahan fitur ini diharapkan dapat memikat potensi pasar kaum muda Indonesia. Tiga fokus utama yang menjadi jualan mobil ini adalah Fresh Styling, Extra Comfy dan Better Safety.

"Daihatsu melakukan product improvement yang fokus ke tiga hal, yaitu Fresh Styling, Extra Comfy dan Better Safety. Oleh karena itu kita launchinf Ayla dan Sirion untuk segmen anak muda ini," tutur Head of Product I&II Dept, PT ADM, Priyo Wicaksono.



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com