Selasa, 10 Mar 2020 20:15 WIB

Morris Garage ZS Tantang HR-V dkk, Begini Persaingan SUV Kompak di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Morris Garage Morris Garage mengenalkan mobil pertamanya di Tanah Air Foto: Doni Wahyudi/detikOto
Jakarta -

Morris Garage (MG) siap meramaikan pasar otomotif Tanah Air melalui MG ZS. Melihat bentuknya, mobil ini bakal masuk di segmen SUV Kompak, di mana sudah banyak beragam pabrikan mengisi di ceruk itu.

Sebelum masuk ke Indonesia mobil ini sudah mengaspal lebih dulu di negara Asean seperti Thailand, dan Filipina.

Spesifikasi yang ditawarkan di Indonesia belum terungkap, bila melirik Thailand jantung mekanis mobil ini dibekali mesin DOHC berkapasitas 1.5 L yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 114 PS dan torsi maksimal 150 Nm.

Lantas seperti apa persaingan SUV Kompak di Tanah Air?

Merek mobil asal Inggris yang kini sudah dibeli oleh perusahaan otomotif China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) ini bakal bertarung dengan HR-V, Mazda CX-3, Suzuki SX-4 Cross, Toyota CH-R, Hyundai Kona, dan Kia Seltos.

Mengutip data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di awal tahun 2020, penjualan SUV Kompak masih dipegang HR-V dengan total distribusi sebanyak 2348 unit untuk varian 1.5L, dan 200 unit 2.0L Prestige, bila ditotal Honda mampu membukukan angka sebesar 2.548 unit di bulan Januari 2020.

Di posisi kedua, disusul Suzuki SX-4 Cross sebanyak 118 unit, dan Mazda CX-3 berada di posisi ketiga dengan mencatat penjualan sebanyak 50 unit. Merek lainnya, seperti Toyota CH-R, Hyundai Kona, dan Nissan Juke menjual di bawah 10 unit. Sayangnya Kia Seltos yang baru meluncur awal tahun ini belum terlihat dalam daftar Gaikindo.

Bila hendak mendobrak pasar, MG ZS setidaknya punya daya tarik lebih untuk bisa dilirik pasar. Namun belum banyak informasi diberikan oleh pihak Morris Garage termasuk soal layanan purna jual dan juga harga.

Morris Garage merupakan merek mobil asal Inggris, yang kini sudah dibeli oleh perusahaan otomotif China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). SAIC sendiri sudah memulai bisnis di Indonesia melalui anak perusahaan SGMW Motor Indonesia.

SGMW Motor Indonesia ini menaungi merek Wuling di Tanah Air. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, mengatakan merek ini tidak menutup kemungkinan untuk memanfaatkan fasilitas pabrik Wuling di Cikarang.

"Rasanya ada, karena ada punya kerjasamanya," kata Nangoi beberapa waktu yang lalu di Jakarta.



Simak Video "Marc Marquez Betah di Honda, Nggak Kepikiran Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com