Bakal Lahir Mobil 3.000 Tenaga Kuda, Minum Bahan Bakar Tak Biasa

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 05 Mar 2020 10:11 WIB
Hypercar 3000 Tenaga Kuda Spyros Panopoulos Automotive
Hypercar 3000 tenaga kuda Foto: Spyros Panopoulos Automotive
Jakarta -

Era mesin kendaraan konvensional masih menarik itu dilirik. Untuk menarik konsumen berkocek tebal, pabrikan otomotif terus melahirkan mobil yang mengusung mesin buas.

Terbaru sebuah perusahaan otomotif asal Yunani, Spyros Panopoulos Automotive mengatakan tak cuma menjanjikan desain mobil yang ciamik, tenaganya pun sanggup bikin jantung berdebar.

Horsepower besar memang menjadi obsesi banyak penggila mobil dunia, karena itulah tidak salah bila banyak produsen mobil berlomba membuat mobil super dengan kekuatan besar, sebut saja Aston Martin, Bugatti, Konigsegg, Hennessey Venom, hingga Rimac.

Dikutip dari Carbuzz, Spyros Panopoulos Automotive hendak melahirkan mobil dengan tenaga sebesar 3.000 hp. Mobil bernama 'Chaos' ini hendak menyandang rekor sebagai mobil paling bertenaga di dunia.

Bagaimana jantung mekanisnya?

Chaos supercar dilengkapi dengan mesin 4.0L V10 twin-turbo untuk kapasitas sekitar 2.000-3.000 tenaga kuda.

Versi 2.000 tenaga kuda akan menggunakan bahan bakar bensin biasa, putaran mesin maksimum 11.000 rpm. Sementara itu, versi 3.000 tenaga kuda menggunakan bahan bakar E85, mampu berada di putaran mesin hingga 12.000 rpm.

Hypercar 3000 Tenaga Kuda Spyros Panopoulos AutomotiveHypercar 3000 Tenaga Kuda Spyros Panopoulos Automotive Foto: Spyros Panopoulos Automotive

Pabrikan menggunakan bahan premium untuk mesin. Versi 2.000 tenaga kuda memiliki piston dan kopling piston dengan crankshaft yang terbuat dari titanium, sedangkan versi yang lebih tinggi menggunakan bahan keramik untuk piston dan serat karbon untuk injeksi bahan bakar.

Tenaga dari mesin ditransmisikan ke roda melalui gearbox dual-clutch 8-speed dan diferensial Torsen. Supercar diharapkan mampu berakselerasi 0-96 km/ jam dalam waktu kurang dari 2 detik.

Belum banyak yang bisa terungkap mengenai projek dari Spyros Panopoulos. Sebab dalam akun instagramnya @spyros_panopoulos, mobil masih tertutup dengan kain putih.

Namun Spyros Panopoulos Automotive berencana untuk memperkenalkan supercar baru di Geneva Motor Show pada bulan Maret tahun depan.



Simak Video "Sayonara Honda Jazz, Balapan Tahun Depan Diganti City Hatchback"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)