Kamis, 20 Feb 2020 06:24 WIB

Ingat! Jangan Tinggalkan Power Bank di Dalam Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Mobil terbakar gara-gara Power Bank di Selangor, Malaysia. Power Bank dapat menyebabkan kebakaran di dalam mobil Foto: Sinchew
Jakarta -

Alat penyimpan daya telepon genggam atau Power Bank memang menjadi gawai yang sangat berguna saat sisa daya ponsel kritis. Namun, jika di dalam mobil power bank justru dapat berubah menjadi sumber pemicu bahaya.

Power Bank menggunakan material lithium yang jika bersentuhan dengan oksigen dapat menyebabkan ledakan besar akibat kepadatan energinya. Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, mewanti-wanti kepada pengguna mobil agar jangan menyimpan power bank di mobil. Terlebih saat diparkir di tengah terik matahari.

"Karena mobil saat parkir kadangkala suhunya sangat panas karena sinar matahari. Sedangkan power bank biasanya baterainya terbuat dari lithium," kata Suparna, pada detikOto

Menurut Suparna, saat timbul panas berlebihan, kemasan atau casing power bank yang kurang bagus akan retak atau bocor. Sehingga lithium akan langsung kontak dengan udara atau oksigen.

"Dan ini rawan terjadi api dari hasil kontak antara lithium dan udara," terang Suparna.

Sementara itu untuk melakukan pengisian daya Power Bank di dalam mobil sebenarnya tidak masalah. Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor Muhammad Zuhdi mengatakan mengecas power bank di mobil sampai kepenuhan pun aman-aman saja.

"Sebetulnya untuk sistem kelistrikan saat ini kan sudah DC (Direct Current) bukan AC (Alternating Current) lagi. Kalau DC itu sudah aman, karena dia bentuknya bukan arus bolak balik, jadi bisa langsung cut," kata Zuhdi.

Zuhdi mencontohka,n sistem mengisi daya di smartphone yang bisa langsung memutus daya ketika sudah overcharge. "Karena di charger HP kita pun sama juga. Kan jika kita charger melebihi waktu tertentu di kabelnya ada fungsi save untuk meng-cut arus," lanjut Zuhdi.

Sampai sekarang, Zuhdi sendiri belum pernah menemui kasus adanya korsleting listrik di mobil ketika power bank dicas sampai kepenuhan.

"Kalau sampai saat ini belum ada hitungan yang menyebutkan pengaruh bahwa ketika power bank dia sudah full dia akan kembali lagi arusnya," pungkas Zuhdi.



Simak Video "2 Mobil Adu Banteng di Jalur Transjakarta Jenderal Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com