Jumat, 14 Feb 2020 14:22 WIB

Banjir Jakarta di Awal Tahun Tak Surutkan Jualan Mobil Honda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Test drive Honda Brio di Bali, diikuti pebalap Alvin Bahar. Honda Brio Satya jadi mobil terlaris Honda pada Januari 2020. Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

Honda mengklaim telah mengawali tahun 2020 dengan pertumbuhan penjualan yang positif. Selama Januari 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) melepas 12.603 unit mobil baru di Indonesia.

Dalam siaran persnya disebutkan, angka penjualan Honda pada Januari 2020 mengalami peningkatan 3% dibanding Januari 2019 yang tercatat sebanyak 12.190 unit. Apa mobil Honda terlaris di Indonesia?

Bukan Mobilio apalagi HR-V dan CR-V, penjualan Honda didominasi oleh Honda Brio Satya. Mobil yang bermain di kelas low cost green car (LCGC) itu terjual sebanyak 4.348 unit pada Januari 2020. Angka itu meningkat 20% dibanding Januari tahun lalu.

Honda Brio. Honda Brio. Foto: PT Honda Prospect Motor

Sedangkan Honda Brio RS yang tidak termasuk di segmen LCGC terjual sebanyak 1.297 unit, naik 6% dari Januari 2019.

Penjualan mobil Honda di bulan pertama 2020 juga didukung oleh Honda HR-V 1.5L. SUV tersebut terjual sebanyak 2.329 unit.

Honda Mobilio yang mengisi segmen mobil terlaris di Indonesia terjual 1.735 unit. Sedangkan jajaran model lainnya yang turut menyumbangkan penjualan adalah Honda Jazz sebanyak 1.158 unit dan Honda CR-V sebanyak 990 unit, Honda BR-V sebanyak 400 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 168 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 68 unit.

Sementara untuk model premium, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 55 unit, Honda City terjual sebanyak 34 unit, Honda Accord sebanyak 15 unit, Honda Odyssey sebanyak 5 unit dan Honda Civic Type R sebanyak 1 unit.

"Penjualan di bulan Januari sempat dipengaruhi beberapa faktor, seperti banjir yang mengganggu proses bisnis di sebagian dealer kami. Meskipun demikian, kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini. Dengan penyegaran produk seperti Honda Civic Hatchback RS yang baru kami luncurkan pada awal Februari ini dan program penjualan yang memberikan keringanan biaya kepada konsumen, kami berharap dapat mempertahankan tren positif ini," kata Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Banjir Jakarta di Awal Tahun Tak Surutkan Jualan Mobil Honda


Simak Video "Astra Honda Pamer 12 Nama Pembalap Mudanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com