Selasa, 11 Feb 2020 15:47 WIB

Cerita Mobil Pertama Indonesia: Diservis ke Eropa, Tak Pernah Pulang Lagi ke Jawa

Bayu Ardi Isnanto - detikOto
Cover Fokus Kereta Setan Kisah mobil pertama Indonesia bisa terdampat di Belanda (Andhika Akbarayansyah/detikOto)
Jakarta -

Benz Victoria Phaeton jadi mobil pertama yang dipunya orang Indonesia. Diangkut ke Belanda untuk servis, tunggangan bersejarah itu tak pernah lagi kembali ke Pulau Jawa.

Benz Victoria Phaeton tercatat dalam sejarah sebagai mobil pertama yang ada di Indonesia. Mobil tersebut bukan dipunya penjajah Belanda, justru orang Indonesia asli yang memilikinya.

Pemiliknya adalah Pakubuwono X. Dia membeli mobil tersebut pada 1894 dengan harga 10.000 gulden. Dikutip dari CNN, mobil terebut dibekali mesin 1-silinder, 2.000 cc, bertenaga 5 tenaga kuda, dan memiliki roda yang terbuat dari kayu.



Tapi mobil yang menjadi bagian sejarah Indonesia itu kini terparkir di Louwman Museum, Belanda. Sebelumnya Benz Victoria Phaeton tersebut sempat dimiliki Royal Dutch Automobile Club (KNAC) selama bertahun-tahun.

Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Puger, mengakui ada berbagai versi cerita terkait mobil buatan Jerman yang dimiliki PB X pada 1894 itu. Namun yang dia ketahui, Benz Victoria Phaeton itu terakhir keluar dari keraton untuk diservis ke Eropa.

"Jadi itu dibawa ke Eropa untuk servis. Belum selesai diperbaiki, terjadilah Perang Dunia I atau yang disebut keraton sebagai Perang Eropa. Akhirnya mobil terkatung-katung," kata Puger kepada wartawan Selasa (11/2/2020).

Status mobil tersebut semakin tak jelas setelah Pakubuwono XI dan Pakubuwono XII naik takhta.

Mengutip informasi dari laman Louwman Museum, Benz Victoria Phaeton pernah diikutkan pada sebuah pameran RAI Amsterdam Motor Show pada tahun 1924, sebagai jenis kendaraan klasik. Waktu ikut pameran tersebut, mobil itu berusia 29 tahun, sejak dikirim dari Pulau Jawa ke Belanda.




Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com