Senin, 03 Feb 2020 12:29 WIB

Duh! Tahun 2020 Nggak Ada Lagi Mobil Baru di Bawah Rp 100 Juta

Dina Rayanti - detikOto
Daihatsu Ayla 1.0 L Daihatsu Ayla. Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta -

Harga mobil di Indonesia setiap tahunnya sudah pasti mengalami kenaikan. Wajar jika semakin ke sini harga mobil semakin mahal. Beberapa tahun lalu, mobil dengan kisaran harga di bawah Rp 100 juta masih banyak pilihannya. Terlebih yang masuk ke dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Namun masuk tahun 2020, mobil baru dengan kisaran harga di bawah Rp 100 juta semakin sulit, termasuk mobil di segmen LCGC. Berdasarkan catatan yang dihimpun detikcom, tak ada lagi mobil baru dengan banderol harga di bawah Rp 100 juta. Untuk segmen LCGC saja yang harganya diatur oleh pemerintah rata-rata dijual hingga Rp 130-150 juta.

Terakhir pada tahun 2019 masih ada mobil di bawah Rp 100 juta yakni Daihatsu Ayla tipe terendah yang dijual seharga Rp 98,15 juta. Mengutip situs resmi Daihatsu Indonesia, masuk tahun 2020, harga Ayla tipe 1.0 D MT E4 sudah menyentuh Rp 101,65 juta. Bahkan kembarannya, Toyota Agya paling murah harganya Rp 143,3 juta.

Ayla tipe terendah itu juga sekaligus menjadi mobil baru termurah di Tanah Air karena model lain harganya sudah di atas itu. Jadi mobil termurah, apa saja fitur yang diberikan Daihatsu pada Ayla? Ayla tipe D dilengkapi Body Color Bumper, Material Color Outer Door Handle, Material Color Manual Outer Mirror, Steel Wheel berukuran 13 inchi.

Bagian interior tersemat Fabric Seat Material, Board Door Trim, Molded Head Lining, Dark Instrument Panel, Sun Visor, dan garnish pada pilar B. Untuk keamanannya, Daihatsu Ayla dibekali dengan Seat belt di baris pertama dan kedua, Side Impact Beam, dan Head Rest buat penumpang belakang.

Dibandingkan dengan model-model LCGC lain, Ayla tipe terendah ini bisa dibilang minim fitur karena airbag pun tidak ada. Meski begitu, Ayla tipe terendah ini masih ada peminatnya. Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu mendistribusikan 40 unit Ayla tipe terendah sepanjang tahun 2019.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com