Jumat, 31 Jan 2020 07:37 WIB

Nissan Masih Ngotot Kenalkan Teknologi Terbaru

M Luthfi Andika - detikOto
Teknologi e-4ORCE di mobil konsep Nissan Ariya Nissan Ariya Foto: Nissan
Jakarta -

Meski masih dilanda perkara Carlos Ghosn yang kabur meninggalkan Jepang saat proses dugaan korupsi yang melibatkan dirinya, serta menyebabkan kerugian besar, Nissan memastikan masih ada dalam track persaingan otomotif, dan siap memperkenalkan teknologi terbaru yang memanjakan pencinta otomotif.

Dikutip Leftlanenews, Nissan siap memperkenalkan 'e-4orce' sistem elektrik yang bakal diselipkan pada penggerak All Wheel Drive. Bahkan Nissan katakan teknologi terbaru Nissan ini akan diselipkan pada mobil sport atau premium sports car.

Teknologi terbaru Nissan ini akan menyajikan sistem terbaru yang akan mengawinkan dua motor listrik (Twin-Motor) pada penggerak All Wheel Drive. Sistem ini akan menjadikan setiap kendaraan Nissan yang menggunakan e-4orce akan lebih tangguh dan bertenaga.

Meski demikian, sistem ini akan mengatur keseimbangan tenaga yang disuplai pada masing-masing motor listrik, serta akan memberikan sistem regenerative tenaga yang lebih sempurna saat melakukan pengereman.

Dipercaya sistem ini akan diselipkan pada mobil konsep Nissan Ariya yang dikabarkan akan diperkenalkan pada 2021, dengan motor listrik yang mampu mencapai 215 tenaga kuda.

Nissan e-4orceNissan e-4orce Foto: Nissan

Dalam pemberitaan detik.com sebelumnya, dilansir situs Nissan Global, teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan tenaga yang seimbang dan dapat diprediksi, serta kemampuan pengendalian yang setara seperti kebanyakan mobil sport premium.

Huruf 'E' sendiri mewakili teknologi Nissan yang diaktifkan oleh sistem penggerak motor listrik 100%. Sedangkan 'e-4ORCE' diucapkan 'force', membangkitkan kekuatan fisik dan energi dengan angka '4' sebagai representasi untuk kemampuan mengendalikan semua roda.

"Teknologi kontrol all-wheel twin-motor e-4ORCE menawarkan penanganan dan stabilitas yang tepat, yang memberi pengemudi kepercayaan diri yang lebih besar dan bahkan lebih banyak menawarkan kegembiraan dari sebelumnya," kata Nissan's Senior Vice President of Research and Advanced Engineering Takao Asami.

Lanjut Asami menjelaskan, teknologi ini memungkinkan memberi kinerja lebih saat menikung, dengan traksi yang sangat baik pada permukaan yang licin, sehingga memberi kenyamanan untuk semua penumpang.

Sebagai informasi, teknologi ini lahir dari pengembangan sistem torsi split ATTESA E-TS pada Nissan GT-R dan sistem 4X4 yang cerdas dari Nissan Patrol. Insinyur mengembangkan teknologi e-4ORCE secara khusus untuk mengelola output daya kendaraan listrik dan kinerja pengereman, agar halus dan stabil.

Teknologi e-4ORCE diklaim bisa meningkatkan kepercayaan diri pengemudi, karena bisa memprediksi garis permukaan jalan yang diinginkan pengemudi. Selain itu, teknologi ini juga aman untuk berbagai permukaan jalan, khususnya di permukaan jalan yang licin, sebab keempat rodanya sudah dibekali kontrol traksi independen.



Simak Video "Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn Diburu Interpol"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com