Rabu, 22 Jan 2020 07:03 WIB

Mobil Listrik Naik Gunung, Pecahkan Rekor Dunia

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Hyundai Kona Listrik Foto: Motor1
Jakarta - Hyundai Kona Electric, sebuah SUV bertenaga murni listrik ini mendapat catatan rekor dunia baru, sebagai mobil listrik pertama yang mampu menembus ketinggian 5.731 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Sawula Pass, Tibet.

Perjalanan yang diusung oleh Hyundai Motor India ini berhasil mengalahkan catatan rekor yang diraih sebelumnya 5.715 mdpl oleh merek mobil sport ES8 buatan Nio China pada September 2018.


Selama perjalanan mendaki ke puncak Saula Himal dengan membawa bekal alat pengisian portabel. Sementara untuk turun, Kona Electric mengandalkan energi regenerative yang bisa menghasilkan listrik dari proses deselerasi atau mengurangi kecepatan.

"Hyundai Kona Electric telah membuktikan keberaniannya di medan terberat di dunia tanpa mengorbankan kinerjanya." ujar SS Kim, MD & CEO, Hyundai Motor India dalam keterangan resminya.

Hyundai Kona Listrik Naik Gunung, Pecahkan Rekor DuniaFoto: Hyundai


Di atas kertas, mobil listrik Hyundai Kona ini berbekal baterai 39.2 kWh mampu menembus jarak hingga 452 kilometer dalam sekali pengisian. Ketika dicas ulang dalam mode pengisian cepat hingga 80 persen memakan kurang dari satu jam.


Selama ekspedisi, Kona Electric tampil sebagai SUV berhadapan dalam kondisi cuaca buruk seperti suhu rendah, hujan salju dan jalan berlapis es.

"Sebuah preseden baru telah ditetapkan sebagai rekor - Ketinggian Tertinggi yang dicapai dengan mobil listrik. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Hyundai Motor India karena telah mencapai ini dan menetapkan tolok ukur baru dalam catatan sejarah," ujar Rishi Nath, Ajudikator dari Guiness World Records.

Simak Video "Hyundai Kona, SUV Gaul Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com