Rabu, 15 Jan 2020 14:31 WIB

Transportasi Umum Maju, Jepang Masih Jual 5 Juta Unit Mobil Per Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Shinkansen di Jepang Foto: CNN
Jakarta - Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, menilai majunya infrastruktur transportasi umum di suatu negara tidak akan membuat permintaan kendaraan pribadi menurun.

"Ada yang mempertanyakan kalau nanti infrastruktur public transportation-nya makin baik, apakah nanti penjualan mobil akan berkurang," kata Kukuh di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Kukuh mengambil contoh Jepang sebagai negara dengan sistem transportasi umum yang modern dan memadai. Namun di sisi lain masih bisa menjual mobil dalam jumlah besar tiap tahunnya.




"Di Jepang public transportation-nya bagus. Penduduknya 120 jutaan. Namun penjualan mobil domestiknya rata-rata sekitar 5 juta unit per tahun," terang Kukuh.

Di Indonesia sendiri pemerintah memang mulai serius membangun sistem transportasi umum yang modern dan terintegrasi. Contohnya seperti MRT dan LRT yang beroperasi di Jabodebek. Namun di sisi lain pemerintah juga banyak membangun infrastruktur jalan yang mendorong pertumbuhan kendaraan pribadi.

"Kemudian juga ada bisnis baru dengan sistem online. Itu mendorong tumbuhnya kendaraan komersial. Karena untuk pengiriman barang," kata Kukuh.

Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com