Sabtu, 11 Jan 2020 09:27 WIB

Tak Jadi Pakai Vellfire, Menteri Malaysia Pilih Mobil Nasional

Luthfi Anshori - detikOto
Proton Foto: www.motorme.my
Jakarta - Menteri dan pejabat senior di Pemerintahan Malaysia bakal menggunakan mobil nasional Proton Perdana, sebagai kendaraan operasional. Padahal sebelumnya, muncul isu jika Pemerintah Malaysia akan menyediakan 32 unit Toyota Vellfire untuk Menteri dan 3,000 unit Honda Accord untuk pejabat senior.

"Itu sebenarnya pilihan. Kami ingin mempertahankan Perdana, tetapi karena perusahaan tidak menghasilkan stok yang cukup untuk Menteri dan Wakil Menteri, itu adalah masalah," terang Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng, dikutip dari Berita Harian, Jumat (10/1/2020).



Dengan adanya informasi bahwa stok Proton Perdana terbatas, maka mau tidak mau Pemerintah Malaysia memilih alternatif lain, yakni mobil buatan Jepang.

"Itu sebabnya kami diberi pilihan (kendaraan lain)," ujar Lim.



Namun kemudian isu ketersediaan stok Proton Perdana sudah diselesaikan dan diatasi oleh pihak Proton. Bahkan perusahaan ini sudah menjamin ketersediaannya saat ini.

"Kami sekarang telah mengkonfirmasi bahwa mobil Perdana sudah cukup (stoknya) dan oleh karena itu, kami akan tetap bersama Perdana," katanya lagi.



Menteri Keuangan Lim Guan Eng mengatakan bahwa kontrak baru Proton Perdana akan diumumkan segera setelah ada tender (penawaran) di kementerian terkait.

Simak Video "Pimpinan DPR-MPR Sudah Gunakan Mobil Dinas Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com