Rabu, 01 Jan 2020 18:02 WIB

Kesiapan Pihak Asuransi Jemput Mobil yang Terendam Banjir

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Garda Oto
Jakarta - Beberapa orang mungkin sudah pusing memikirkan kerugian akibat banjir. Setidaknya bagi yang menggunakan asuransi kendaraan bisa sedikit mengurangi beban pikiran.

Salah satu asuransi mobil, Garda Oto melalui Garda Siaga sudah melakukan aksi tanggapan darurat kepada pelanggannya.

"Saat ini unit Garda Siaga sedang penuh panggilan darurat, Jadi harap sabar," ujar Senior VP Communication dan Service Management Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (1/1/2020).



Namun ia mengatakan harap bersabar bagi pelanggan yang belum mendapatkan respons layanan ini. Pasalnya ada beberapa ruas jalan yang menyulitkan sehingga menyulitkan proses penjemputannya.

"Kalau yang langsung bisa digendong kita akan lakukan. Akses menuju beberapa lokasi harus dicek dulu apakah memungkinkan saat ini," lanjutnya.

Setidaknya sebelum pertolongan sampai, Iwan menyarankan untuk tidak membuat kerusakan mobil semakin parah. Jangan langsung menyalakan mobil yang terendam banjir.



"Intinya kita bukan mekanik andal. Daripada mobil tambah parah kondisinya jangan dihidupin langsung. Takutnya ada yang korslet atau ada sampah, ular, tikus nyangkut di mesin atau knalpot," katanya.

Iwan mengingatkan bahwa di Garda Oto ada layanan darurat gratis untuk menyelamatkan mobil yang tak bisa menyala lagi setelah banjir. Namun untuk klaim asuransi tergantung pada jenis perlindungannya.

"Untuk layanan darurat Garda Siaga dari Garda Oto tetap dapat dan gratis untuk pelanggan. Pastikan mobil emang sudah ada coverage atau jaminan terhadap banjir," tutupnya.

Simak Video "Cerita Warga Soal Ngerinya Longsor di Bogor yang Tewaskan 1 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com