Cerita Mobil Nasional Turki yang Kandas 60 Tahun Lalu

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 30 Des 2019 13:53 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melihat mobil Devrim saat peluncuran mobil listrik TOGG. Foto Istana Kepresidenan Turki
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka selubung prototipe dari mobil listrik nasional pertamanya pada Desember 2019. Namun perjalanan panjang untuk membuat mobnas dimulai dengan Devrim (Revolusi) di 1961.

Keinginan Turki untuk memiliki mobil nasional sudah ada sejak era kepemimpinan Cemal Gürsel. Devrim menjadi mobil pertama yang dikembangkan dan diproduksi Turki sendiri. Menjadi simbol dan mimpi di awal tahun 1960-an untuk membuktikan bahwa Turki dapat memproduksi seluruh mobil di dalam negeri.

Pada Juni 1961, Cemal Gürsel mengumumkan misinya untuk mengembangkan mobil berdiri di atas kaki sendiri, ia kemudian bertemu dengan Militer Turki untuk membuat mobil yang cocok di jalan raya.


Misi mobil nasional tersebut akhirnya dijalankan oleh National Railways of The Republic of Turkey (TCDD). Sebuah tim yang dipaksa untuk membuat mobil nasional dalam waktu yang sangat pendek. Baik dari desain, mesin hingga girboks sekalipun.

Yap, jangka waktu yang diberikan bahwa mobil harus selesai pada 29 Oktober 1961, tepat di hari perayaaan Republik Turki. Dalam kata lain, tim harus membuat mobil nasional dalam waktu 4,5 bulan. Projek ini kemudian dipimpin oleh Insinyur Emnin Bozoglu.



Tentu saja, proyek tersebut mendapat kritikan dari berbagai pihak. Dianggap sebagai rencana kurang matang, sehingga mobil nasional tidak dapat diwujudkan.

Eskişehir Railway Plants (atau TULOMSAS) menjadi tempat untuk merancang, mendesain, hingga memproduksi mobil. Pertama kali yang sudah ditentukan, mobil berkapasitas 4-5 orang, dengan total berat 1.000-1.100 kg, dan berukuran medium. Mesin 4 silinder mampu memuntahkan 50-60 tenaga kuda.

Dikutip dari Devrimarabasi, Senin (30/12/2019) disebutkan mesin sendiri merupakan hasil dari campur aduk dari Willy's Jeep, Ford Consul, Warswa, Chevrolet, Fiat 1400 dan 1000. Seluruh mesin dirakit di Eskisehir, sementara girboks dirakit di pabrik Ankara.


Setelah melewati berbagai macam kesulitan. Mobil revolusi sebagai prototipe dipamerkan saat hari perayaan 29 Oktober 2019, dikirim ke Ankara menggunakan kereta untuk membawa Gursel ke Anitkabir.

Namun sebagai standar keamanan, keempat mobil tidak diisi bensin secara penuh. Pada hari H, Cemal Gursel masuk ke dalam mobil Devrim hitam sebelum mobil diisi bensin untuk konvoi perjalanan, namun setelah jalan 100 meter, mobil berhenti.


Kemudian presiden pindah ke mobil Devrim berwarna krem di mana sudah diisi bensin sebelumnya, dan berhasil tiba di Anitkabir tanpa ada masalah.

Berita utama surat kabar di hari berikutnya adalah, "Devrim pergi 100 meter dan itu rusak." Namun tidak ada yang menyoroti keberhasilan mobil Devrim kedua. Mobil itu menjadi bahan lelucon selama bertahun-tahun. Hingga pada akhirnya mobil nasional ini tidak pernah dilanjutkan.

Hanya satu dari empat mobil Devrim yang diproduksi di bawah proyek mobil domestik yang saat ini masih dalam kondisi baik. Mobil itu disimpan dalam museum di taman TÜLOMSAŞ. (riar/ddn)