Jumat, 27 Des 2019 13:59 WIB

Belum Sebulan Menjabat, Bos Baru Nissan Nyerah

Rizki Pratama - detikOto
Chief Operating Officer Nissan, Jun Seki, Foto: Pool (autoblog)
Jakarta - Wakil Chief Operating Officer Nissan, Jun Seki yang bertugas memimpin pemulihan Nissan Motor memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi jabatannya. Keputusan ini diambil hanya beberapa minggu setelah ia diangkat.

Seki mengatakan pada Reuters bahwa ia akan bertolak ke sebuah perusahaan manufaktur komponen otomotif yang berbasis di Kyoto, Jepang. Dia secara resmi akan meninggalkan Nissan pada Januari setelah tiga dekade di bekerja di perusahaan tersebut.



"Saya cinta Nissan dan saya merasa sedih meninggalkan pekerjaan yang belum selesai, tetapi saya berusia 58 tahun, dan ini adalah tawaran yang tidak bisa saya tolak. Mungkin ini adalah kesempatan terakhir saya untuk memimpin sebuah perusahaan juga," katanya dalam sebuah wawancara singkat.

Seki menampik bahwa kepergiannya itu dilandaskan atas dasar uang. Menurutnya Nissan menggajinya dengan layak selama ini.

"Ini bukan tentang uang. Bahkan, saya akan menerima pukulan finansial karena Nissan membayar kami dengan baik," kata Seki.

Pihak Nissan dan Nidec menolak memberikan komentar atas manuver kepindahan Seki ini.



Salah satu sumber mengatakan Seki dan pimpinan teratas lainnya tidak memliki hubungan yang baik. Sehingga kerjasama antara mereka tidak berjalan mulus. Di samping Seki ada Chief Operating Officer, Ashwani Gupta dan Chief Executive, Makoto Uchida yang ditunjuk pada Oktober lalu untuk mulai bekerja di awal bulan Desember ini.

"Tidak ada chemistry kohesif instan yang dicapai oleh janji temu itu," kata salah satu sumber yang ditanya oleh Reuters.

Pengunduran diri Seki selanjutnya dapat memperumit hubungan Nissan dengan pemegang saham utama Renault SA. Seki baru-baru ini bekerja di Paris selama setahun dan dipandang relatif dekat dengan produsen mobil Prancis.

Simak Video "Seberapa Buas Nissan GT-R yang Dipakai Wakil Jaksa Agung?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com