Senin, 23 Des 2019 15:04 WIB

Mungkinkah Rest Area Dibuat di Tol Layang Japek?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ruas tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) membentang dari Cikunir (Bekasi) hingga ke Karawang. Tujuan dibuat tol ini untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di tol Jakarta-Cikampek (bawah). Jadi bagi pengendara yang ingin menuju ke Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur, bisa langsung mengakses tol layang ini.

Meski bisa menyingkat waktu perjalanan, beberapa pengendara masih mempertanyakan soal tidak adanya rest area di tol layang sepanjang 36,4 km ini. Dengan ruas tol sepanjang itu, pengendara membutuhkan tempat istirahat, baik untuk keperluan buang hajat maupun mengisi perut.



Tapi mungkinkah fasilitas rest area dibuat di jalan tol dengan konstruksi melayang?

"Mungkin saja. Tapi pemerintah sanggup nggak? Kenapa, karena biayanya pasti akan sangat besar sekali," kata instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, kepada detikcom, belum lama ini.



Pemerintah sendiri melalui Jasa Marga berencana membangun kantung parkir atau parking bay untuk situasi darurat. Selain itu, rencananya juga akan dibangun pintu keluar darurat.

"Untuk membangun parking bay tersebut pasti perlu perencanaan khusus. Dan kalau bicara rest area, ini kan pasti lebih besar dari parking bay. Jadi butuh berapa ribu meter dia harus bikin bangunan di sisi sampingnya. Dan berapa miliar investasinya," terang Jusri.

"Mungkin akan lebih mudah jika nanti dibuat pintu exit, ketimbang rest area ya," katanya lagi.

Simak Video "Libur Natal Tiba, Tol Layang Japek Padat Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com