Sabtu, 21 Des 2019 10:05 WIB

Sudah Naik Harga Bulan Oktober, Suzuki Tahan Harga Desember

Luthfi Anshori - detikOto
Suzuki Jimny Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kenaikan tarif BBN-KB (Bea Balik Nama-Kendaraan Bermotor) dari 10% jadi 12,5% resmi diterapkan di DKI Jakarta sejak 11 Desember 2019. Beberapa agen pemegang merek (APM) mobil sudah melakukan penyesuaian harga. Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum melakukannya.

Dijelaskan 4W Marketing Director PT SIS, Dony Saputra, Suzuki tidak mungkin menaikkan harga on the road produknya di bulan Desember. Sebab sejak Oktober, PT SIS sudah melakukan penyesuaian harga.



"Bulan Oktober kemarin kita sudah ada penyesuaian harga. Penyesuaian harga tadi saya bilang ada 3 hal yang mempengaruhi. Pertama regulasi, kedua biaya produksi, ketiga kompetisi," kata kepada wartawan di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

"Jadi hasil evaluasi kami, naikkan harga di bulan Oktober. Khusus di bulan Desember karena ada perubahan BBN-KB dari 10% menjadi 12,5% karena kenaikan ini masih bisa kami absorpsi (serap) karena kenaikan bulan lalu. Jadi di Desember tidak kami naikkan. Dan kalau di bulan ini kami naikkan 2,5%, kami takut terjadi kontraksi, penurunan market. Jadi okelah sekarang kita tahan," lanjut Dony.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com