Selasa, 17 Des 2019 09:08 WIB

Vietnam Siap Ekspor Mobil Nasional ke Amerika Serikat

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Peluncuran mobil nasional (mobnas) Vietnam beberapa waktu lalu merupakan sebuah langkah yang cukup mengejutkan dalam industri otomotif. Tidak sampai di situ, mobil nasional Vietnam yang disebut Vinfast ini hendak melebarkan sayap penjualannya ke negeri Paman Sam alias Amerika Serikat.

Vinfast sukses menjadi sorotan dunia memang berkat tampilan desain yang didukung oleh Pininfarina, perusahaan desain mobil asal Italia. Pemegang saham 49 persen dari Vinfast, Pham Nhat Vuong pun tak mau meredupkan euforia dari kelahiran mobnas ini dengan memasang target cukup tinggi, yaitu memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 2021.


Vietnam Siap Ekspor Mobil Nasional ke Amerika SerikatMobil nasional Vietnam, Vinfast. Foto: Istimewa/Carscoops


Niat itu bukan isapan jempol belaka. Kepada Bloomberg Vuong mengatakan bahwa ia telah mengucurkan investasi sebesar USD 2 miliar agar dapat masuk pasar Amerika Serikat. Uang tersebut dikatakan berasal dari tabungan pribadinya.

"Tujuan besar kami adalah untuk menciptakan merek internasional. Ini akan menjadi langkah yang sulit dan kami harus melakukan segala upaya. Tapi hanya ada satu jalan ke depan," kata Vuong kepada Bloomberg dalam sesi wawancara di markas Vinfast.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Kemewahan Mobnas Vietnam, Mirip BMW?"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com