Minggu, 15 Des 2019 17:14 WIB

VW Kombi Jadul Disulap Jadi Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
VW Kombi listrik Foto: Pool VW Kombi listrik Foto: Pool
Wolfsburg - Kendaraan listrik menjadi terobosan untuk membuat udara menjadi lebih bersih. Bahkan, mobil klasik pun bisa disulap jadi mobil listrik.

Salah satunya yang dilakukan Volkswagen (VW) bersama EV West, perusahaan yang berspesialisasi dalam pengembangan kendaraan listrik. Keduanya berkolaborasi membuat proyek modifikasi VW Type 2 lansiran 1972 menjadi sebuah kendaraan listrik.


VW Type 2 atau biasa dikenal sebagai VW Kombi merupakan kendaraan komersial ringan yang lahir pada 1950-an. Kini, mobil klasik itu direstorasi menjadi lebih ramah lingkungan.

VW Kombi Jadul Disulap Jadi Mobil ListrikFoto: Pool


Kondisi eksteriornya masih mulus. Mobil ini masih mempertahankan gaya klasik khas VW Kombi.

Mesin bensin bertenaga 60 daya kuda ditanggalkan. Sebagai gantinya, penggerak listrik dari VW e-Golf disematkan. Motor listrik itu pas dimasukkan ke kompartemen belakang mobil.


Tenaga dari motor listrik ditransmisikan melalui girboks kecepatan tunggal ke roda belakang. Penggerak listrik juga bisa memulihkan energi dari pengereman untuk mengisi baterai.

VW Kombi Jadul Disulap Jadi Mobil ListrikFoto: Pool


Lubang pengisian bensin diganti oleh port pengisian daya baterai lithium-ion. Baterai VW Kombil listrik ini diletakkan di bawah lantai dan sudah tahan api.


Baterai itu berkapasitas 35,8 kWh. Jika terisi penuh, baterai bisa menyuplai tenaga untuk jarak maksimal 200 km.

Kabin tetap utuh dengan desain klasik, ada speedometer analog, jok kulit, radio, setir, dan tuas persneling. Nantinya, mobil itu juga akan disematkan layar digital di dasbor untuk menampilkan informasi berupa kapasitas baterai, jarak tempuh, dan performa motor listriknya.

Sayangnya, VW menegaskan Kombi listrik ini tidak akan dijual.

Simak Video "Canggih! VW Ciptakan Robot Powerbank untuk Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com